Mahasiswa Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Kelompok 178 UIN Malang bergabung dengan kelompok 38 dan 108 Â melaksanakan pengabdian masyarakat dengan aktif terlibat dalam kegiatan mengajar di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) menyebar di seluruh dusun di Desa Pandanrejo. Program ini merupakan bagian dari upaya moderasi beragama KKM yang bertujuan untuk memperkuat pendidikan agama Islam di tengah masyarakat, khususnya bagi anak-anak usia dini hingga awal remaja.
Setiap sore setelah ashar pukul 15.30 sampai 17.00 WIB mulai dari tanggal 24 Desember 2024 sampi akhir bulan Januari, mahasiswa datang ke TPQ untuk membantu para ustadz dan ustadzah dalam memberikan pelajaran agama Islam. Materi yang diajarkan meliputi tajwid, hafalan surat-surat pendek, doa-doa harian, latihan sholat, serta hafalan-hafalan lainnya. Selain itu, mahasiswa juga memperkenalkan metode pembelajaran yang lebih kreatif untuk meningkatkan minat belajar anak-anak, seperti permainan edukatif Islami dan lagu-lagu bernuansa islami. Pendekatan interaktif ini tidak hanya meningkatkan minat belajar anak-anak, tetapi juga membuat suasana belajar menjadi lebih hidup dan menyenangkan. Anak-anak yang semula pasif kini tampak lebih antusias mengikuti kegiatan. Selain itu, kehadiran mahasiswa KKM ini mendapat apresiasi yang tinggi dari para pengelola TPQ dan masyarakat setempat. Menurut salah satu pengelola TPQ, keterlibatan mahasiswa KKM memberikan semangat baru dan warna yang berbeda dalam program pendidikan agama di dusun tersebut.
Para mahasiswa KKM tidak hanya fokus pada kegiatan belajar mengajar, tetapi juga berupaya membangun kedekatan dengan anak-anak dan masyarakat setempat. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat langsung dalam proses pembelajaran, tetapi juga menciptakan hubungan yang harmonis antara mahasiswa dan masyarakat.
Penulis: Kelompok 178 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H