DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN
Taqiy Al Ghozal , Dr. Nani Nurani Muksin, M.Si.
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. K.H. Ahmad Dahlan, Cireundeu, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten
NPM:23010400112
alghozaltaqiy@gmail.com
Â
Abstract
The purpose of this study was to determine the Role of Organizational Communication in improving the performance of employees of the Dutalia Oesapa Supermarket in Kupang City. The theory used in this study is the theory of human relations. This research is a qualitative study with research procedures that produce descriptive data. The informants in this study were determined by the principle of adequacy and conformity. Test the validity of the data using qualitative data analysis of Milles & Huberman. The results of the study found that the role of communication applied to Dutalia Oesapa Kupang went well in improving employee performance. Dutalia Oesapa Kupang employees must know and be able to apply the Guest Service Cycle (GSC) as a standard employee service cycle so that communication between leaders and fellow employees can be well established and each employee still feels valued and cared for by the leadership and fellow employees, and there is no the gap between senior workers and general workers in order to improve good employee performance so that they know about how communication takes place through various stages that are carried out continuously, change, and there is no end in order to deliver messages. Employee Performance at Dutalia Oesapa Kupang is a real achievement achieved by a person both in quality and quantity that an employee achieves in carrying out his duties in accordance with the responsibilities given. Organizational communication in Dutalia Oesapa Kupang should apply the human relations theory that must have work performance evaluations for all employees within the organization, so that the organization can know the extent of achievement levels. This can be used as a benchmark for giving compensation in making innovations that will improve employee performance.
Keywords: Role of Organizational Communication, Employee Performance
Â
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Organisasi Komunikasi dalam meningkatkan kinerja pegawai Dutalia Supermarket Oesapa di Kota Kupang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori hubungan manusia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian prosedur yang menghasilkan data deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah ditentukan oleh asas kecukupan dan kesesuaian. Uji validitas datanya menggunakan analisis data kualitatif Milles & Huberman. Hasil dari Penelitian ini menemukan bahwa peran komunikasi diterapkan pada Dutalia Oesapa Kupang berjalan baik dalam meningkatkan kinerja pegawai. Dutalia Oesapa Pegawai Kupang harus mengetahui dan mampu menerapkan Siklus Pelayanan Tamu (GSC) sebagai standar siklus pelayanan karyawan sehingga komunikasi antar pemimpin dan sesama karyawan dapat terjalin dengan baik dan tetap setiap karyawan merasa dihargai dan diperhatikan oleh pimpinan dan sesama karyawan, dan disana tidak ada kesenjangan antara pekerja senior dan pekerja umum meningkatkan kinerja karyawan yang baik sehingga mereka tahu tentang caranya komunikasi berlangsung melalui berbagai tahapan yang dilakukan terus menerus, berubah, dan tidak ada habisnya dalam rangka menyampaikan pesan. Kinerja Karyawan Dutalia Oesapa Kupang merupakan suatu prestasi yang nyata dicapai oleh seseorang baik secara kualitas maupun kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan. Komunikasi organisasi di Dutalia Oesapa Kupang hendaknya menerapkan hal tersebut teori hubungan manusia yang harus memiliki evaluasi kinerja kerja untuk semua karyawan dalam organisasi, sehingga organisasi dapat mengetahui sejauh mana tingkat pencapaiannya. Hal ini bisa dijadikan tolak ukur dalam memberi kompensasi dalam melakukan inovasi yang akan meningkatkan karyawan pertunjukan.
Kata Kunci: Peran Komunikasi Organisasi, Kinerja Pegawai
Â
Pendahuluan
Komunikasi adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia karena manusia dalam kehidupannya harus berkomunikasi, artinya memerlukan orang lain, membutuhkan kelompok atau masyarakat untuk saling berinteraksi. Komunikasi menjadi kunci utama dalam pertukaran informasi antara komunikator dan komunikan dalam perusahaan baik antara pimpinan perusahaan dengan karyawan maupun karyawan dengan sesama karyawan dalam perusahaan tersebut. Organisasi adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama yang terikat dalam satu ikatan hierarki dimana selalu terdapat hubungan antara seseorang atau sekelempok orang yang disebut pimpinan dan seseorang atau sekelompok orang yang disebut bawahan. Dalam menciptakan ketertiban kegiatan organisasi, maka perlu ada pengaturan mengenai pembagian tugas, cara kerja, hubungan antara pekerjaan yang satu dengan pekerjaan yang lain dan pribadi satu dengan pribadi lain yang terletak di bawah pengendalian serta pengawasan oleh seorang pemimpin. Komunikasi yang baik akan menciptakan suasana kerja yang harmonis dan dapat meredakan konflik antar karyawan sehingga dalam perusahaan akan tercipta semangat kerja yang meningkatkan kinerja karyawan menjadi lebih baik. Jika komunikasi tidak terjalin dengan baik akan terjadi suatu masalah antar karyawan. Salah satu perusahaan tersebut adalah Supermarket Dutalia Kupang. Supermarket Dutalia Kupang merupakan salah satu perusahaan ritel terbesar di Kupang dan merupakan salah satu supermarket yang banyak dikunjungi oleh oleh masyarat Kupang, termasuk juga masyarakat dari luar kupang. Data karyawan Dutalia Oesapa Kupang, 2019 tercatat bahwa Pada bulan April 2019 ada 72 karyawan di Supermarket Dutalia baik sebagai marketing, operasional, sopir, Helper maupun teknisi mesin. Dari 72 karyawan tersebut terdapat 2 karyawan yang sudah bekerja selama 10 tahun, 3 karyawan yang sudah bekerja selama 7 tahun, 10 karyawan yang sudah bekerja di atas 1 tahun dan karyawan yang lainnya bekerja di bawah 1 tahun pada perusahaan Dutalia. Permasalahan - permasalahan yang lazim dihadapi perusahaan pada umumnya adalah ketidakharmonisan hubungan antara atasan dan bawahan disebabkan antara lain karena kurangnya kepercayaan atasan terhadap bawahan atau sebaliknya, tidak adanya transparansi dalam pengambilan kebijakan, kurangnya ruang komunikasi yang tersedia dan lain sebagainya.
Â
Â
Â
Metode Penelitian
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode penelitian deskriptif kualitatif adalah sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati, Dalam penelitian ini, peneliti mendeskripsikan secara spesifik dan mendalam terhadap hasil penafsiran data-data yang berkaitan dengan peran komunikasi organisasi dalam meningkatkan kinerja karyawan Supermarket Dutalia Oesapa Kota Kupang.
Â
Hasil Dan Pembahasan
Komunikasi merupakan aktivitas dasar manusia. Dengan berkomunikasi, manusia dapat saling berhubungan satu sama lain baik dalam kehidupan sehari-hari di rumah tangga, di tempat pekerjaan, dipasar, dalam masyarakat atau dimana saja manusia berada. Tidak ada manusia yang tidak akan terlibat dalam komunikasi. Komunikasi merupakan proses yang penting dalam organisasi. Komunikasi adalah variable kunci yang memungkinkan seseorang untuk membangun hubungan dalam satu organisasi, serta berinteraksi dan berbagi informasi. Dengan kata lain komunikasi merupakan jalan bagi organisasi untuk saling memahami satu sama lain dan mengkoordinasikan kegiatan mereka untuk mempertahankan hubungan yang lebih baik. Komunikasi sangat diperlukan dalam sebuah organisasi. Oleh karena itu, dengan adanya komunikasi yang baik suatu organisasi dapat berjalan dengan lancar dan berhasil, sebaliknya komunikasi yang tidak sehat dapat menyebabkan suatu organisasi macet dan tujuan yang ingin dicapai tidak optimal. Hal ini dapat tercapai apabila pihak manajemen dari perusahaan mampu membangun komunikasi yang baik dengan semua para karyawan, baik secara formal maupun secara informan untuk dapat mengetahui kritik dan saran yang dapat dijadikan sebagai suatu bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.
Â
Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab sebelumnya mengenai peran komunikasi organisasi dalam meningkatkan kinerja karyawan pada Dutalia Oesapa Kupang maka dapat disimpulkan bahwa: 1. Peran komunikasi yang diterapkan pada Dutalia Oesapa Kupang berjalan dengan baik dalam peningkatan kinerja karyawan. Peran komunikasi organisasi pada Dutalia Oesapa Kupang merupakan peran komunikasi tentang bagaimana komunikasi itu berlangsung melalui berbagai tahapan yang dilakukan secara terus menerus, berubah-ubah, dan tidak ada henti-hentinya dalam rangka penyampaian pesan. Proses komunikasi merupakan proses yang timbal balik karena antara si pengirim dan si penerima pesan saling mempengaruhi satu sama lainnya. Karyawan Dutalia Oesapa Kupang wajib tahu dan dapat menerapkan Guest Service Cycle (GSC) sebagai standar operasi siklus pelayanan karyawan agar komunikasi diantara pimpinan maupun sesama karyawan dapat terjalin dengan baik dan setiap karyawan tetap merasa dihargai dan diperhatikan oleh pihak pimpinan maupun sesama karyawan, serta tidak ada jurang pemisah antara pekerja senior dan pekerja umum demi meningkatkan kinerja karyawan yang baik. 2. Kinerja Karyawan pada Dutalia Oesapa Kupang merupakan prestasi sesungguhnya yang dicapai seseorang baik secara kualitas dan kuantitas yang dicapai seorang karyawan dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan. Pada penelitian ini, peneliti lebih melihat haasil kerja karyawan Dutalia Oesapa Kupang secara kualitasnya.
Â
Refrensi
Bangun. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga Bungin, Burhan. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Cangara, Hafied. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Medua Group.
Davis Keith dan Newstrom Jhon. 1993. Perilaku dalam Organisasi. Erlangga.
Effendy, Onong Uchyana. 2003. Ilmu Komunikasi: Teori dan Prakteknya. Bandung: Remaja Rosdayakarya.
Gibson, Ivancevich, Donnelly. 1974. Organisasi, Perilaku, Struktur, Proses. Bina Rupa Aksara. Jakarta.