Latar Belakang Masalah
Indonesia merupakan salah satu negara dengan luas wilayah yang besar dan kondisi geografis yang beragam serta memiliki pertumbuhan jumlah penduduk yang tinggi. Dimana hal tersebut membuat Indonesia menjadi negara yang memiliki beragam potensi sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Dengan melimpahnya jumlah penduduk Indonesia, tentunya diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas agar nantinya berbagai sumber daya yang tersedia dapat dikelola sebaik-baiknya demi kesejahteraan bersama.
Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar mampu menjaga dan mengelola kelestarian alam demi membawa Indonesia kearah yang lebih baik serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tentunya  diperlukan sinergitas dan perhatian dari berbagai pihak. Perusahaan milik negara maupun swasta melalui program CSR yang mereka jalankan, organisasi masyarakat sipil, komunitas, serta berbagai elemen masyarakat lainnya juga dapat turut andil  untuk membantu pemerintah dalam mengatasi berbagai permasalahan terkait kesejahteraan maupun peningkatan kualitas SDM Indonesia dengan melaksanakan berbagai program bantuan yang tentunya harus berlandaskan pada perkembangan teknologi  yang semakin pesat di era globalisasi sekaligus revolusi industri yang berlangsung saat ini.
Perusahaan merupakah salah satu pihak yang dapat berkontribusi untuk membantu pemerintah dalam mengentaskan permasalahan sosial-ekonomi yang diakibatkan karena hadirnya pengaruh perkembangan teknologi dan berbagai kemajuan yang semakin masif namun belum dapat dikelola dengan baik oleh sumber daya manusia yang tersedia. Hal ini dikarenakan terdapat suatu hubungan timbal baik antara perusahaan dengan masyarakat dalam bahu-membahu membangun negeri, dimana harmonisasi atas kontribusi keduanya akan menentukan keberhasilan dalam pembangunan bangsa.Â
Hal ini tentunya menjadi suatu catatan penting bagi perusahaan, karena akan tercipta suatu kondisi yang sinergis antara perusahaan dan masyarakat dalam proses pembangunan, dimana keberadaan perusahaan dan program bantuan yang dilaksanakannya diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.Â
Sehingga tentunya konsep tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) menjadi bagian yang tidak dapat terpisahkan serta menjadi tanggung jawab perusahaan dalm rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan berkontribusi untuk menjaga lingkungan sosial maupun lingkungan alam terutama di lingkungan tempat perusahaan tersebut beroperasi. Untuk itu tentunya diperlukan komitmen nyata perusahaan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan bangsa melalui pembangunan.
Sebagai salah satu perusahaan besar di Indonesia yang bergerak di bidang telekomunikasi yang bertransformasi menjadi digital telco company, PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) tentunya tidak terlepas dari tanggungjawab sosial terhadap masyarakat atau Corporate Social Responsibility (CSR). Meningkatnya kesejahteraan masyarakat akan berimbas pada tumbuh dan berkembangnya skala usaha Telkomsel, begitupun sebaliknya.Â
Oleh karenanya, sejalan dengan paradigma CSR Telkomsel yang berfokus untuk mengakselerasikan negeri dengan mengembangkan ekosistem digital di Indonesia, menerapkan prinsip 3P Profit, People, Planet dalam praktek pelaksanaannya. Dimana PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) melakukan berbagai program untuk mendukung pembangunan berkelanjutan yang dilakukan Pemerintah dengan memanfaatkan kemahiran teknologi informasi dan digital untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat melalui program CSR dengan fokus kepada empat pilar program CSR antara lain adalah pilar Pendidikan, Masyarakat Digital, Pemberdayaan Masyarakat dan Filantropi. Â
Realisasi kontribusi PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dalam Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Bagi Pembangunan Bangsa
Dalam rangka berkontribusi pada implementasi pembangunan bangsa sebagai bentuk sinergi dengan pemerintah, PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) melaksanakan pembangunan yang berkelanjutan di bidang ekonomi, sosial, dan lingkungan dalam program Tanggung Jawab Sosial Berdampak yang melibatkan karyawan PT. Telkomsel serta masyarakat luas dengan berlandaskan tiga pilar utama (triple bottom line), yaitu planet, people, dan profit.Â
Dimana Telkomsel bertujuan untuk membuka lebih banyak kemungkinan akan pemanfaatan teknologi digital secara tepat guna untuk memberikan dampak sosial positif dan perubahan nyata bagi kehidupan masyarakat secara menyeluruh dan berkelanjutan. Adapun program-program CSR yang dilakukan sebagai kontribusi PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) berfokus kepada empat pilar program (yang dilansir dari situs resmi telkomsel.com), antara lain :
Pendidikan
PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) berusaha berperan aktif untuk membuka dan meningkatkan akses pendidikan berkualitas bagi generasi muda demi meningkatkan kapasitas dan mempersiapkan keahlian profesi generasi muda seiring dengan perkembangan kemajuan teknologi melalui program sertifikasi bernama IndonesiaNEXT. Dimana dalam kegiatan tersebut terdapat kegiatan seminar inspiratif dan sesi kreatif bagi mahasiswa. IndonesiaNEXT juga memberikan pelatihan dan sertifikasi nasional maupun internasional dengan menyertakan sertifikat keahlian yang dapat digunakan mahasiswa sebagai Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). Dimana program ini bertujuan untuk menghasilkan generasi muda Indonesia yang kompeten untuk bersaing secara global di era digital. Selain itu, terdapat pula program T-Perpus, yaitu platform aplikasi perpustakaan digital pada smartphone yang berisi koleksi buku, majalah, dan koran dari berbagai penerbit terkemuka yang dapat diakses masyarakat secara gratis untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi dan ilmu pengetahuan.