Mohon tunggu...
tania wahyu
tania wahyu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UMY

hai, saya Tania Wahyu. Saya adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta angkatan 2020

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Pentingnya Digital Marketing bagi UMKM

21 Mei 2023   21:56 Diperbarui: 21 Mei 2023   22:15 82
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Pemasaran digital menunjukkan hal penting bagi UMKM yaitu untuk membangun, meningkatkan, dan mempertahankan bisnis mereka. Digital marketing dapat memberi banyak manfaat bagi pertumbuhan bisnis. Manfaat digital marketing bagi UMKM ada banyak yaitu Menekan Biaya Promosi

Keuntungan lain digital marketing untuk pemula yaitu pelaku UMKM bisa menekan biaya promosi. Dulu promosi dilakukan dengan mencetak brosur, spanduk, pamflet, dan lainnya. Kini Anda bisa meminimalisir biaya promosi dengan memanfaatkan platform online. Lalu dapat menjangkau lebih banyak lagi konsumen, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Digital marketing juga dapat memudahkan interaksi kepada konsumen.

Strategi yang dapat dilakukan oleh pemilik UMKM untuk meningkatkan penjualannya adalah dengan cara membangun website bisnis dan melakukan promosi di sosial media. Promosi di sosial media sangat berpengaruh terhadap penjualan. Media sosial yang digunakan bisa berupa instagram, facebook, tiktok, dan lainnya.

Promosi menggunakan media sosial merupakan cara yang efektif untuk memperluas pengenalan produk kita

Promosi menggunakan media sosial ini didukung dengan kemajuan dibidang teknologi informasi yakni revolusi industri 4.0 sehingga dapat dengan mudah digapai oleh masyarakat yang telah mengikuti era revolusi industri 4.0 Melalui konten kreatif, visual yang memikat, dan penceritaan yang hebat, UMKM dapat mengomunikasikan nilai dan keunikan merek mereka kepada audiens target mereka. Dengan strategi pemasaran yang tepat, UMKM dapat menciptakan hubungan emosional dengan pelanggan, memperkuat hubungan merek, dan membedakan diri dari para pesaingnya

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun