Mohon tunggu...
Tania Salsabilla
Tania Salsabilla Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Kejar mimpi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Petualangan Seni: Jelajahi NuArt Bandung dan Karya-Karyanya

20 September 2023   21:58 Diperbarui: 20 September 2023   23:00 109
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada tanggal 16 September 2023, saya memulai petualangan seni yang tak terlupakan di NuArt Bandung, sebuah tempat di mana seni jalanan menjadi nyata dan menghidupkan jalan-jalan kota. Dari langit-langit yang dihiasi mural hingga karya seni kontemporer yang memukau, NuArt Bandung memamerkan ekspresi seni yang beragam dan menginspirasi. Saat saya melangkah masuk ke dalam lingkungan ini, saya merasa seperti memasuki dunia baru yang penuh dengan kreativitas dan pesan yang mendalam.

Karya-karya seni di NuArt Bandung menghadirkan cerita-cerita unik yang merefleksikan kehidupan sehari-hari dan isu-isu sosial. Melalui mural-mural yang berwarna-warni, seniman-seniman di sini menyampaikan pesan-pesan penting yang mampu merangsang pemikiran. Salah satu karya yang paling mengesankan adalah mural raksasa yang menggambarkan keindahan alam Indonesia yang memukau. Saya juga tak bisa melupakan pertunjukan seni jalanan yang menghibur di sana, di mana seniman-seniman lokal memamerkan bakat mereka dengan berbagai jenis pertunjukan seperti tarian dan musik.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Setelah saya menjelajahi seluruh NuArt, patung yang menggambar diri saya yaitu Patung "Waiting", yaitu patung menggambarkan harapan dan ketidakpastian dalam kehidupan seorang anak. Ini bisa mencerminkan harapan untuk masa depan yang cerah, impian yang belum terwujud, atau mungkin juga menyoroti tentang bagaimana harapan dan impian anak-anak seringkali tergantung pada pendidikan dan kesempatan.

NuArt Bandung juga memberi kesempatan bagi pengunjung untuk berpartisipasi dalam pembuatan seni. Saya merasa senang bisa mengikuti workshop seni jalanan di sini, di mana saya belajar teknik-teknik dasar mural dan mencoba membuat karya seni saya sendiri di salah satu tembok yang telah disediakan. Ini adalah pengalaman yang benar-benar memperdalam pengertian saya tentang seni jalanan dan menginspirasi saya untuk lebih mendalami dunia seni ini. Keseluruhan, petualangan seni di NuArt Bandung adalah pengalaman yang tidak hanya menghibur, tetapi juga menggugah pikiran dan merangsang kreativitas.

Reporter : Tania Salsabilla

Editor : Salsa Solli Nafsika, S.Pd., M.Pd

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun