PERILAKU PRODUSEN DALAM MENGEMBANGKAN Â SUATU PRODUK ES TEH Rp. 3.000
Nama: Tania Rahmadhani
NIM : 232200498
Prodi: Ekonomi Syariah
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis
Universitas Alma Ata
Abstrak
Tujuan karya ilmiah ini buat untuk para produsen agar tetap menjalankan dan mengembangkan usaha yang sedang dijalankan sekarang di era globalisasi dan menciptakan produk yang diminati konsumen dengan era yang mudah berubah-ubah. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan mengumpulkan data-data dari berbagai data pustaka, jurnal dan artikel. Dari hasil tersebut dapat diperoleh kesimpulan bahwa Perilaku produsen sangat berpengaruh untuk menghasilkan produk yang efisien.
Pendahuluan
Teori produsen adalah teori yang menjelaskan bagaimana seorang produsen berperilaku efektif dalam kegiatan produksi. Seorang produsen berusaha menghasilkan produk yang baik dengan mengelola penggunaan faktor-faktor produksi yang dimilikinya.
Perilaku produsen dilakukan dengan tidak merugikan pihak produsen atau konsumen, sehingga kapasitas produksi dan kapasitas konsumsi akan stabil, yang juga akan membuat produsen dan konsumen sadar akan kebutuhan dan saling ketergantungan satu sama lain.
Metode
Metode yang digunakan adalah wawancara, mengumpulkan data pustaka, jurnal dan artikel dengan membaca, mencatat, dan mengolah.
Pembahasan
1. Perilaku Produsen Dalam Mengembangkan Usaha
Dalam mengembangkan usahanya, seorang produsen perlu memahami kebutuhan konsumen. Seperti saat ini, kemarau yang berkepanjangan membuat banyak orang membangun usaha yang sederhana tetapi banyak digemari, yaitu menjual es teh. Teh merupakan komoditi bernilai tinggi yang bisa diolah menjadi aneka produk, bahkan omset penghasilan dari olahan teh bisa bernilai jutaan. Dari riset yang saya lakukan untuk membangun usaha es teh tidak membutuhkan banyak modal. Â Untuk mengembangkan usaha es teh tentu memiliki sebuah cara:
a. Strategi pemasaran
Rencana rinci yang berisi tentang bagaimana cara menjual sebuah produk. Strategi berguna untuk memastikan produk dan jasa dipasarkan secara efektif kepada target dipasaran (Reza Pratama, march/3/2003). Tujuan adaya strategi agar produk kita bisa dikenal oleh banyak masyarakat.
b. Membuat karateristik produk
Karateristik produk adalah kondisi yang berbeda dari suatu produk dibandingkan para pesaingnya yang dapat ditawarkan kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan (Kottler & Keller 2006). Dengan adanya karateristik produk membuat minat konsumen lebih banyak.