Mohon tunggu...
armansyah tandipai
armansyah tandipai Mohon Tunggu... Pegawai Negeri Sipil -

mulai menulis untuk menambah wawasan

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Hilangnya 30's Non-Skippable Ad's di Youtube

30 April 2017   23:54 Diperbarui: 1 Mei 2017   00:09 161
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Dengan penggunanya yang telah mencapai lebih dari satu miliar dan ratusan juta jam penayangan video dalam sehari membuat Youtube Channel kini menjelma menjadi salah satu sosial media yang sangat di gemari didunia Sejak pertama kali diluncurkan secara resmi pada bulan November tahun 2005. Hampir setiap hari pengguna internet selalu membuka Youtube entah itu hanya ingin menonton video musik, film, siaran ulang pertandingan sepakbola dan sebagainya. Namun Pernahkan anda mengalami ketidaknyamanan ketika hendak membuka menonton di youtube, anda diharuskan melihat dulu iklan shampoo dengan durasi 30 detik yang tidak dapat kita skip atau Lewati?

Adalah 30’s non-skippable Ads yang merupakan iklan yang biasanya terputar secara otomatis sebelum video yang ingin kita tonton dimulai pada Youtube atau situs partner video lainnya. Bagi pengiklan, tentu saja ini menjadi hal yang sangat menguntungkan karena pihak user atau penonton mau tidak mau harus bersabar selama 30 detik dan menonton iklan tersebut sebelum video yang ingin di tontonnya dimulai.

Namun apakah hal tersebut nyaman bagi user? Saya pribadi justru merasa terganggu dengan prosedur pengiklanan semacam ini. Apakah anda sepakat dengan saya? Mungkin sebagian iya, sebagian lagi mungkin tidak terlalu memperdulikan, namun kenyatannya pihak Google merasakan ketidaknyamanan ini. Itulah sebabnya pihak Google telah mengumumkan akan menghentikan penggunaan 30’s non-skippable Ads ini pada Youtube Channel di tahun 2018. Yeay!

Dalam sebuah Pernyataan yang diberikan kepada campaignlive.co.uk yang telah dikonfirmasi oleh The Verge, juru bicara Google mengatakan bahwa perusahaan mereka akan fokus pada format komersil yang lebih nyaman bagi pengiklan dan pengguna Youtube Channel. “Kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman iklan yang lebih baik kepada semua Pengguna Online. sebagai bagian dari hal tersebut, kami memutuskan untuk menghentikan penggunaan 30-second non-skippable Ads pada tahun 2018 dan berfokus pada format yang lebih baik bagi pengiklan dan dan para pengguna.” Kata Juru bicara Google

Well.. meskipun hal ini merupakan kabar baik, bukan berarti semua non-skippable ad’s dihilangkan dari Youtube Channel. Format iklan dengan durasi 15 dan 20 detik masih tetap dipertahankan oleh Google, dan kemungkinan pihak Google akan mengganti sistem 30-second non-skippable Ads dengan 6’s non-skippable ads yang telah mereka luncurkan pada tahun 2016 yang dianggap lebih efektif bagi pengiklan dan lebih nyaman bagi para pengguna Youtube di tahun 2018 nanti.

Hal ini layak untuk kita nantikan, meskipun kita masih harus bersabar hingga beberapa bulan kedepan. Harapan saya pribadi semoga saja non-skippable ad’s yang muncul ditengah-tengah video Youtube dengan durasi panjang juga ikut dihilangkan. :)

Sumber : http://www.theverge.com

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun