rasanya tak ada satupun pengguna internet yang tidak mengenal jejaring sosial dan media sosial meskipun secara tidak sadar. saat ini mungkin dalam hitungan jam tidak lepas dengan beberapa layanan jejaring sosial yang ada saat ini. jejaring sosial merupakan salah satu bagian media sosial yang saat ini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, bangun tidur yang dilihat pertama kali jejaring sosial entah itu twitter atau sekedar liat update status facebook. menurut wikipedia, media sosial adalah sebuah media online dimana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, sosial network atau jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. banyak yang menjadi contoh media sosial ini selain jejaring sosial antara lain blog maupun wiki yang paling umum digunakan masyarakat internet. kita mulai dari jejaring sosial yang saat ini berkembang pesat sekali terutama dengan kemudahan akses selain melalui perangkat tetap seperti pc maupun perangkat bergerak seperti ponsel ataupun beberapa gadget yang makin terjangkau harganya. di era sekarang sulit ditemui orang dengan tanpa akun sosial media entah itu facebook ataupun layanan berbeda seperti twitter atau bahkan layanan berbasis lokasi seperti foursquare atau layanan lokal koprol. bagi beberapa perusahaan atau suatu brand, sosial media juga menjadi perhatian serius. pengalaman di salah satu perusahaan multinasional, saat ini sosial media digarap serius sebagai wadah untuk komunikasi dengan pelanggan ataupun untuk memperkenalkan dan mempertahankan imaj perusahaan. layanan jejaring sosial yang sering digunakan untuk brand ini seperti facebook page dan twitter di samping blog dan website yang sudah ada. tak beda jauh dengan brand atau perusahaan adalah tokoh publik seperti politikus, selebriti atau para pekerja seni seperti pemusik saat ini seperti wajib memiliki akun di berbagai sosial media untuk membangun jaringan yang lebih kuat. rasanya kasus ini akan semakin marak apabila menjelang pemilu. lalu kalo buat pemerintahan apa ya? banyak sih yang udah dirasakan saat ini dengan beberapa jejaring sosial milik pemerintahan atau bahkan layanan publik. bagai sebilah pisau, sosial media selain memiliki sisi positif pasti ada sisi negatif yang terjadi, yang marak belakangan ini seperti pembobolan akun jejaring sosial sampai dengan kejahatan penipuan melalui media tersebut. dan bagi pemilik akun jejaring sosial harus berhati-hati. kalo dari segi positifnya banyak contoh yang membuktikan kekuatan sosial media, kita ingat dengan kasus prita atau beberapa waktu yang lalu ada keong racun atau kalo dari sisi negatif dengan kasus pembobolan akun facebook milik prof. jimly asshiddiqie yang sudah menelan korban. so... jadikanlah sosial media untuk hal-hal yang baik... dan gunakan sosial media dengan bijak.... kredit gambar: social media icon set
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H