Ramadhan selalu jadi momen paling  spesial, bukan cuma untuk berbagi kebahagiaan, tapi juga untuk bisnis yang mau kejar target! Bulan penuh berkah ini membawa peluang besar karena kebutuhan masyarakat meningkat drastis---mulai dari baju lebaran yang hits, hampers unik yang bikin senyum, sampai kue-kue lezat yang nggak pernah gagal bikin meja makan lebih meriah.Â
Penjualan selama bulan Ramadhan memang selalu meningkat, dan data menunjukkan  pertumbuhan yang signifikan. Data dari Sirclo mengungkapkan bahwa dari tahun 2021 hingga 2023, terjadi peningkatan rata-rata angka transaksi belanja online sebesar 62,5% selama bulan Ramadhan.
Nah, kalau Anda Entrepreneur atau bisnis owner, ini saatnya untuk cari tahu produk apa yang bakal jadi incaran di Ramadhan 2025. Nggak cuma buat yang sudah siap lari, bahkan kalau bisnis Anda baru "pemanasan," sekarang adalah waktu yang tepat buat strategi bisnis dan planning! Yuk, simak deretan ide bisnis laris manis selama Ramadhan yang bisa jadi inspirasi untuk bisnis Anda.
Deretan Ide Bisnis Selama Ramadhan
1. Baju Lebaran
Baju lebaran selalu jadi barang wajib saat Ramadhan mulai dari model gamis hingga kaftan dengan sentuhan modern, karena baju baru adalah tradisi khas Indonesia yang kental di musim Lebaran. Setiap keluarga pasti ingin tampil maksimal saat merayakan hari kemenangan ini. Menurut laporan Tokopedia tahun 2024, penjualan baju lebaran meningkat hingga 12.5x lipat saat Ramadhan. Kalau Anda punya bisnis fashion, ini adalah peluang emas! Coba tawarkan desain fresh dengan warna-warna trendy berdasarkan laporan tren warna global oleh Pantone, peach fuzz dan Viva Magenta adalah warna yang paling diminati dan menjadi favorit dua tahun belakangan. Perlu diingat, dengan promosi yang menarik dan berkaitan dengan tema Ramadhan, hal ini akan terkesan lebih personal dan relevan untuk menarik lebih banyak konsumen.
2. Kue Lebaran
Siapa yang nggak tergoda sama aroma nastar yang buttery atau kastengel yang gurih? Kue dan cookies lebaran adalah ikon wajib di setiap meja tamu selama Ramadhan dan Idul Fitri. Nggak cuma buat camilan keluarga, tapi juga sering dijadikan (hampers) atau hadiah lebaran untuk kerabat atau rekan bisnis.
Kue kering seperti nastar, kastengel, dan putri salju selalu menjadi favorit untuk menyambut Idul Fitri. Penjualan kue kering di e-commerce meningkat hingga 224,4% pada Ramadhan 2024 dibandingkan bulan lainnya.
Kalau Anda punya bisnis kuliner, ini kesempatan besar! Bisa juga tawarkan inovasi rasa seperti nastar Pistachio Kunafa atau varian gluten-free untuk menarik lebih banyak pembeli. Jangan lupa, kemas kue lebaran dengan desain menarik. Packaging yang cantik bisa jadi nilai tambah dan bikin produk lebih premium!Â