Mohon tunggu...
Tama Ndx
Tama Ndx Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

saya seorang mahasiswa Universitas Palangkaraya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Persaingan Pasar Monopolistic dan Pasar Oligopoli Serta Contoh Nyatanya di Pasar Indonesia

29 November 2022   16:17 Diperbarui: 30 November 2022   23:16 437
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PERSAINGAN PASAR MONOPOLISTIC DAN PASAR OLIGOPOLI SERTA CONTOH NYATANYA DI PASAR INDONESIA

PRATAMA

JURUSAN AKUNTANSI

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

UNIVERSITAS PALANGKARAYA

PASAR MONOPOLISTIK

            Pasar monopolistik adalah pasar dimana barang yang di perjualkan sama tetapi setiap barang memiliki karakteristik yang berbeda-beda di setiap produk . dan pasar ini berada pada dua jenis pasar yaitu pasar persaingan sempurna dan monopoli sehingga pasar persaingan monopolistik memilliki unsur - unsur sifat monopolistik dan sifat pasar persaingan sempurna sehingga mendorong para penjual untuk bersaing .

            Sistem pasar monopolistik ini dikembangkan karena ketidakpuasan terhadap pasar model sempurna dan monopoli pada pasar monopolistik konsumen akan menemukan adanya perbedaan dan ciri khas dari suatu produk yang ditawarkan oleh produsen yang tercipta oleh sang produsen itu sendiri atau prensepsi dari masing - masing konsumen .

Ada beberapa ciri - ciri dari pasar monopolistik yaitu :

  • Terdapat banyak produsen / penjual yang memiliki jumlah produksi yang hampir sama di setiap produsen
  • Terdapat banyak sekali produk yang sejenis tetapi memiliki perbedaan antara produk satu dengan produk lainnya  baik itu dalam aspek kemasan , bentuk , corak , maupun kualitas
  • Perusahan memiliki hak kekuasaan untuk mempengaruhi harga barang yang di perjual belikan
  • Masuk dalam pasar relatif lebih mudah , tetapi modal yang di butuhkan relatif besar dan produsen harus menghasilkan produk yang lebih menarik dari pada produk yang sudah serta harus melakukan promosi agar dapat mendapatkan konsumen tetap
  • Persaingan promosi , harga , dan bentuk yang sangat aktif contoh perusahan yang menjual produk nya di jauh atas harga pasar tidak akan dapat menarik konsumen sebaliknya produsen yang menjual produk nya dengan harga murah akan dapat menarik konsumen yang lebih banyak dengan catatan produk yang di jual hampir sama dalam beberapa aspek sedangkan denga produk dengan karateristik yang berbeda tidak perlu bersaing pada harga melaikan harus bersaing pada kualitas dan nilai produknya

            Dalam pasar monopolistik memiliki kurva permintaan yang lebih elastis dibanding kurva pasar monopoli walaupun sifat kurva nya cukup elastis tetapi kurvanya tidak pernah mencapai garis sempurna yang mendatar contohnya

  • Pada saat produsen menurunkan harga , maka penjualan barang akan meningkat
  • Pada saat produsen menaikan harga , maka penjualan barang akan menurun

Hal tersebut menandakan pasar monopolistik tidak pernah bersifat elastis sempurna

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun