Mohon tunggu...
Tamaka TariskaBren
Tamaka TariskaBren Mohon Tunggu... Mahasiswa - Undergraduate Management Student (Faculty of Economics and Management) at IPB University

Suka menonton film dan tertarik di bidang finance

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peluang dan Tantangan Digitalisasi terhadap Pilar Manajemen Pemasaran

22 Juli 2024   19:58 Diperbarui: 22 Juli 2024   20:06 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Manajemen memiliki 4 pilar utama yaitu manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen produksi dan operasi dan manajemen sumber daya manusia. Digitalisasi sangat mempengaruhi 4 pilar tersebut, salah satunya manajemen pemasaran. Manajemen pemasaran dan penjualan bertanggung jawab untuk mempromosikan produk atau layanan bisnis, menarik pelanggan, dan meningkatkan penjualan. Strategi pemasaran yang efektif dan tim penjualan yang terampil adalah kunci untuk mencapai kesuksesan dalam komponen ini.Selain 5 komponen diatas, teknologi juga merupakan komponen yang tak kalah penting dalam manajemen bisnis di era modern. Teknologi mencakup penggunaan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam berbagai aspek bisnis.Penggunaan teknologi dan media yang meningkat membuat manajemen pemasaran berkembang dan beragam. Banyak bisnis yang terbantu dengan terbuka nya cara pemasaran yang baru ini. Tetapi banyak juga yang belum tau dampak negatif dari cepatnya perkembangan digitalisasi terhadap manajemen pemasaran.

Beragam nya cara mempromosikan suatu bisnis atau produk, memudahkan umkm kecil untuk meluaskan jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan. Walaupun sudah banyak cara , tetapi jika manajemen pemasaran nya tidak dilakukan dengan baik maka akan menjadi suatu tantangan tersendiri. Manajemen pemasaran ada 4 tahap yang harus dilalui, analisis, perencanaan, penerapan dan pengendalian. Analisis trend , analisis kebutuhan pasar, perencanaan promosi, penerapan konsep pemasaran, pengendalian atau control terhadap hasil dari pemasaran tersebut harus diperhatikan.

Tantangan di tahap analisis trend terutama di aplikasi tiktok biasanya trend di tiktok sangat cepat berganti dan harus selalu update terhadap  apa saja yang ada di aplikasi tersebut. Kemungkinan lain, walaupun kita sudah mengikuti trend, sering kali ditemukan video kita tidak fyp, disinilah tantangan dari analisis kebutuhan pasar. Kebutuhan pasar juga harus diperhatikan, tidak hanya mengikuti trend saja, kebutuhan pasar yang ada biasanya membuat satu produk dengan produk lain hampir tidak ada diferensiasi nya, disinilah peran dari konsep pemasaran yang memiliki gaya berbeda dan unik dari konsep yang lain. Banyak orang  jika sudah melakukan promosi seperti mengepost nya di tiktok lalu merasa " sudah di post semoga fyp" lalu ditinggalkan saja, padahal pengendalian tetap harus dilakukan. Pengendalian seperti apa? contoh kita harus rutin melihat perbandingan peningkatan penjualan menggunakan metode pemasaran A dengan B , jika didapat bahwa metode pemasaran A lebih cocok dan dapat diterima dengan baik, maka kita dapat memvariasikan metode tersebut dan menerapkan nya ke promosi produk selanjut nya.

Trend yang sangat cepat berganti dan update membuat kita kesulitan untuk mengikuti nya. Solusi nya  adalah dengan tidak terburu buru untuk langsung menggunakan metode pemasaran atau trend yang sama, jika kita terburu buru maka khalayak akan merasa bosan karena semua menggunakan metode yang sama. Pengendalian yang dilakukan tidak hanya dilihat dari penjualan nya saja tetapi pengendalian terhadap feedback yang didapat dari konsumen. Review yang telah diberikan jangan dianggap remeh dan menjadi motivasi untuk menjaga dan meningkatkan kualitas produk atau bisnis kita.

Manajemen pemasaran yang baik dikombinasikan dengan adanya digitalisasi yang diterapkan dengan benar akan menghasilkan output yang telah ditentukan dan dianalisis sesuai yang diharapkan. Jika kedua hal tersebut telah dilakukan dengan baik, tetapi masih belum sesuai dengan ekspetasi, sebaiknya mengulang 4 tahap, analisis, perencanaan, penerapan dan pengendalian. Oleh karena itu, idak ada salah nya mengulang ,memperbaiki dan melakukan diferensiasi dalam produk atau bisnis yang akan atau sudah dijalani.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun