(Sumber: Case Study of Google Analytics 360)
Berbicara tentang merek sepatu berkualitas yang populer tentu tak lengkap kalau tidak membahas PUMA. Merek yang satu ini memang terkenal dengan produk sepatunya yang ringan, fleksibel, dan kuat.
Filosofi karakteristik sepatu tersebut juga harus diwujudkan pada website PUMA, karena kehadiran PUMA online berfungsi untuk meningkatkan citra produk sekaligus membuka peluang bisnis e-commerce.
Â
1. Their Story
PUMA meyakini bahwa inovasi produk secara berkesinambungan sangat penting untuk menjaga eksistensi, demikian pula halnya dengan website PUMA yang harus dinamis dan mudah diakses. Produk PUMA yang tersebar di berbagai negara juga mengharuskan PUMA untuk menyiapkan website yang bisa disesuaikan dengan wilayah geografis.Â
Dengan begitu, setiap pelanggan PUMA di berbagai negara dapat mengakses website dan melakukan proses pembelian secara lebih mudah.Â
2. Their Goal
Website PUMA harus didesain secara custom dengan tampilan konten yang menarik serta klasifikasi kategori yang jelas. Untuk urusan tersebut, PUMA mengandalkan Viget yang merupakan partner Google Analytics tersertifikasi (Google certified partner). Tak sekadar menyiapkan tampilan website yang menarik, hasil desain Viget juga mudah diintegrasikan dengan Google Analytics 360.Â
3. Their Solution
Ketika menguji website-nya, PUMA menggunakan variabel khusus dari Google Analytics untuk mengelompokkan pengunjung website berdasarkan variasi pengujian yang diakses. Hal ini bertujuan agar PUMA dapat mengetahui variasi mana saja yang paling berpengaruh terhadap keputusan pengunjung website selanjutnya. PUMA juga membuat profil dan filter khusus dengan bantuan Google Analytics untuk mengukur efektivitas sistem secara keseluruhan.
Selain itu, PUMA juga memanfaatkan fitur-fitur canggih lainnya seperti event tracking (pelacakan) untuk mengukur interaksi antar halaman website yang dinamis. Segmen lanjutan tersebut juga berguna untuk mengelompokkan pengunjung website secara regional. Kepala Strategi Digital PUMA, Jay Basnight, mengaku puas dengan sistem yang terintegrasi dengan Google Analytics. Sistem tersebut dianggap mampu memberikan berbagai informasi penting bagi PUMA secara cepat.
4. Their Success
Pengujian Google Analytics pada header website PUMA menunjukkan bahwa elemen tersebut efektif meningkatkan order produk hingga 7,1%. Di samping itu, para pengunjung website PUMA juga rela menghabiskan waktu dua kali lebih lama untuk melihat konten-konten menarik yang disajikan PUMA, karena PUMA tak hanya menampilkan informasi produk, melainkan juga konten-konten lainnya seperti berita, foto, dan video.
Optimalisasi website PUMA berhasil menciptakan trafik pengunjung internasional dua kali lebih banyak, terutama dari Cina dan India. Kombinasi Viget dan Google Analytics terbukti ampuh mengoptimalkan website PUMA secara keseluruhan. Sehingga PUMA bisa memahami perilaku pengunjung dengan mudah serta mengalami peningkatan omset produk.