Jatiroto, 29 Juli 2024-- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 27 dari Universitas Islam K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto telah menyelenggarakan Seminar Kewirausahaan dengan tema " Inovasi strategi kewirausahaan dalam pemasaran untuk usaha mikro kecil dan menengah". Seminar ini merupakan suatu program unggulan yang diadakan oleh KKN UIN Syaifuddin Zuhri Purwokerto Kelompok 27. Kegiatan ini dilaksanakan di gedung serbaguna desa Jatiroto  pada pukul 10.00-12.00 WIB.
Seminar yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto dengan pemateri ibu Dr.Apik Anitasari Intan Saputri, S.H., M.H. dosen fakultas Syariah UIN Saizu Purwokerto dan dimoderatori oleh Hafiz Oktaviansah mahasiswa KKN UIN SAIZU Purwokerto, peserta dari seminar kewirausahaan itu sendiri masyarakat setempat yang memiliki atupun sedang merintis usaha kecil kecilan. Seminar kewirausahaan ini dihadiri oleh sekitar 45 pelaku UMKM Â yang ada di Desa Jatiroto.Â
Tujuan diadakannya seminar kewirausahaan ini yaitu untuk bisa memberikan pengetahuan seputar strategi pemasaran yang inovatif dan efektif guna membantu para usaha mikro kecil untuk bisa meningkatkan usahanya.
"Semoga seminar kewirausahaan ini dapat dilaksanakan oleh perangkat desa sendiri bukan hanya dilaksanakan oleh mahasiswa KKN" Ucap pak Tasim selaku ketua BPD.
Selama kegiatan seminar, pembicara memaparkan mengenai strategi yang bisa digunakan untuk  berinovasi terkait penerapan strategi pemasaran untuk bisa memperluas jangkauan pemasaran. Adapun permasalahan yang sampai pada hari ini masih banyak menjadi kendala terhadap para pelaku UMKM di Desa yaitu terkait pemasaran produk untuk menjalankan usaha tersebut. Adapun solusi yang diberikan yaitu para pelaku UMKM diharapkan nantinya mampu membangun branding yang mampu diingat oleh para konsumen sehingga nantinya bisa mencakup pemasaran yang lebih luas.
Harapannya dengan dilaksanakan kegiatan seminar kewirausahaan ini dapat memberikan wawasan serta insipirasi terhadap pelaku UMKM untuk nantinya bisa mengimplementasikan inovasi pemasaran yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.***
Penulis : Anggiana dan Taliya Safanatun
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H