Mohon tunggu...
Talitha DahayuArdinigrum
Talitha DahayuArdinigrum Mohon Tunggu... Mahasiswa - saat ini saya sedang menjalani pendidikan di kampus uin jakarta

Halo, nama saya Talitha Dahayu Ardinigrum. Saya seorang mahasiswi di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Saya tinggal di Jakarta dan memiliki beberapa hobi yang menyenangkan, seperti menonton film dan mendengarkan musik. Senang rasanya bisa berbagi sedikit tentang diri saya!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam yang Inovatif di Indonesia Integrasi Agama dan Ilmu Pengetahuan

20 September 2024   22:00 Diperbarui: 20 September 2024   22:09 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pengembangan kurikulum pendidikan Islam yang inovatif merupakan salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh dunia pendidikan di Indonesia. Di tengah arus globalisasi dan perkembangan teknologi yang pesat, tuntutan untuk menciptakan generasi yang tidak hanya paham agama, tetapi juga memiliki kompetensi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendesak. Salah satu pendekatan yang relevan untuk menjawab tantangan ini adalah melalui integrasi agama dan ilmu pengetahuan dalam kurikulum pendidikan Islam.

Integrasi antara agama dan ilmu pengetahuan adalah gagasan penting yang tidak hanya berfokus pada pembelajaran agama sebagai aspek tunggal, tetapi juga mengaitkannya dengan perkembangan ilmu pengetahuan modern. Pendekatan ini memungkinkan siswa untuk memahami bahwa ilmu agama dan ilmu pengetahuan tidak berdiri sendiri, melainkan saling melengkapi. Islam, sebagai agama yang komprehensif, mengajarkan keterbukaan terhadap ilmu dan mendorong umatnya untuk terus belajar dan memahami alam semesta sebagai bagian dari manifestasi kekuasaan Tuhan. Oleh karena itu, pengembangan kurikulum yang menggabungkan keduanya sangat relevan dalam konteks pendidikan Islam di Indonesia.

Mengapa Integrasi Ini Di Perlukan?

  • Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Integrasi agama dan ilmu pengetahuan modern dapat meningkatkan kualitas pendidikan Islam dengan membuat ajaran agama lebih relevan dan kontekstual. Siswa tidak hanya belajar konsep agama secara abstrak, tetapi juga bagaimana menerapkannya dalam ekonomi, politik, dan isu sosial. Pendekatan ini mendorong keterampilan berpikir kritis, membantu siswa menghubungkan nilai-nilai agama dengan tantangan kontemporer seperti perubahan iklim dan teknologi, sehingga pemahaman agama menjadi lebih dinamis dan praktis.

  • Pembentukan Karakter Yang Komprehensif

Integrasi agama dan ilmu pengetahuan membentuk karakter siswa yang lebih komprehensif. Selain menjadi Muslim yang taat, siswa dibekali keterampilan berpikir kritis, inovatif, dan solutif yang diperlukan di era globalisasi. Mereka diajarkan untuk menyelaraskan nilai-nilai Islam dengan realitas modern, seperti teknologi, hubungan sosial, dan kebutuhan ekonomi. Hal ini menciptakan generasi yang mampu memimpin, berpikir kreatif, dan memecahkan masalah sosial, lingkungan, dan ekonomi, sambil tetap berpegang pada nilai-nilai keagamaan.

  • Relevansi dengan Masyarakat Modern

Integrasi agama dan ilmu pengetahuan membuat pendidikan Islam lebih relevan dengan kebutuhan masyarakat modern. Pendidikan yang hanya fokus pada agama tanpa ilmu pengetahuan menghasilkan lulusan yang kurang siap bersaing di dunia kerja. Dengan menggabungkan ilmu pengetahuan modern, pendidikan Islam lebih responsif terhadap tantangan zaman seperti teknologi digital, kecerdasan buatan, dan perubahan iklim. Lulusan madrasah dengan kurikulum terintegrasi tidak hanya paham agama, tetapi juga memiliki keterampilan teknis untuk berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan menghadapi perubahan sosial.

  • Mengeliminasi Patologi Sosial

Pendidikan Islam yang mengintegrasikan ilmu pengetahuan modern dapat membantu mengurangi patologi sosial seperti radikalisme, intoleransi, dan kemiskinan. Dengan menghubungkan sains, teknologi, dan ajaran agama, siswa diajarkan memahami dampak perubahan sosial dan menjadikan agama sebagai dasar membangun masyarakat yang inklusif dan adil. Pendidikan ini juga membuat siswa lebih sadar akan budaya dan tradisi dalam konteks modern, serta mampu memecahkan masalah sosial seperti ketidakadilan ekonomi dan tantangan lingkungan, sehingga menciptakan kultur budaya yang berkelanjutan dan sesuai dengan nilai-nilai Islam.

  • Jembatan Antara Pendidikan Umum dan Agama

Integrasi antara pendidikan umum dan agama menjembatani kesenjangan di antara keduanya. Pendidikan umum sering dianggap lebih unggul karena fokus pada ilmu pengetahuan modern, sementara pendidikan agama dianggap terbatas. Melalui integrasi ini, madrasah dapat menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan modern, seperti sains dan teknologi, sambil memiliki pemahaman agama yang mendalam. Ini menciptakan lulusan yang seimbang, siap bersaing di dunia kerja, dengan landasan moral yang kuat. Pendekatan ini juga menghilangkan anggapan bahwa pendidikan agama tidak relevan dalam kehidupan modern.

Tantangan Pengembangan Kurikulum yang Inovatif

Namun, meskipun gagasan integrasi ini sangat ideal, ada beberapa tantangan yang harus dihadapi dalam pengembangan kurikulum pendidikan Islam yang inovatif:

  • Keterbatasan Sumber Daya

Fasilitas dan Sarana: Banyak sekolah Islam di Indonesia kekurangan fasilitas yang memadai seperti laboratorium, perpustakaan, dan teknologi terkini yang diperlukan untuk mengimplementasikan kurikulum yang inovatif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun