Mohon tunggu...
Taiba Husniya
Taiba Husniya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Saya suka membaca cerita, menulis, mendengarkan musik. Selain itu, saya juga suka langit dan laut

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Dari Hafalan ke Pemahaman: Membangun Pemahaman Agama Islam yang Lebih Dalam di Sekolah Menengah Pertama

21 November 2024   20:53 Diperbarui: 21 November 2024   21:06 28
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pendidikan agama Islam di sekolah menengah pertama (SMP) memegang peranan penting dalam pembentukan karakter siswa dan pemahaman mereka tentang ajaran agama. Namun, faktanya adalah bahwa banyak siswa hanya menghafal materi agama Islam untuk ujian tanpa benar-benar memahami makna dan substansi ajaran tersebut. Padahal, pemahaman agama yang mendalam penting untuk ibadah dan membimbing siswa dalam menghadapi berbagai kesulitan kehidupan. Oleh karena itu, transformasi pendekatan pembelajaran agama Islam dari sekadar hafalan menjadi pemahaman yang lebih aplikatif dan perkembangan dari hafalan menuju pemahaman yang lebih dalam adalah hal yang sangat penting bagi pendidikan agama Islam di sekolah menengah pertama.

Salah satu masalah utama dalam pendidikan agama Islam di sekolah menengah pertama adalah siswa cenderung hanya menghafal materi pelajaran untuk tujuan ujian tanpa memahami makna ajarannya. Ini biasanya disebabkan oleh fakta bahwa kurikulum agama Islam di banyak sekolah menempatkan prioritas pada penguasaan ayat-ayat Al-Qur'an, doa, dan hadis daripada memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang makna dan bagaimana ajaran tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun siswa dapat mengingat banyak teks, mereka mungkin tidak memahami konteksnya atau maknanya.

Selain itu, banyak guru agama Islam menghadapi kesulitan untuk menggunakan metode pembelajaran yang menarik dan relevan dengan kehidupan siswa mereka. Jika metode pembelajaran tetap bergantung pada ceramah dan hafalan, siswa cenderung bosan dan tidak terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Akibatnya, siswa mungkin tidak dapat mengaitkan nilai-nilai agama dengan perilaku mereka sehari-hari atau masalah sosial yang mereka hadapi. Hal ini pasti berdampak pada kualitas pendidikan agama dan penguatan karakter siswa.

Selain itu, banyak guru agama Islam menghadapi kesulitan untuk menggunakan metode pembelajaran yang menarik dan relevan dengan kehidupan siswa mereka. Jika metode pembelajaran tetap bergantung pada ceramah dan hafalan, siswa cenderung bosan dan tidak terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Akibatnya, siswa mungkin tidak dapat mengaitkan nilai-nilai agama dengan perilaku mereka sehari-hari atau masalah sosial yang mereka hadapi. Hal ini pasti berdampak pada kualitas pendidikan agama dan penguatan karakter siswa.

Jika pendidikan agama Islam di SMP hanya berfokus pada hafalan, siswa tidak akan dapat melihat hubungan langsung antara ajaran agama dan kehidupan mereka. Misalnya, sangat penting untuk memahami keadilan sosial Islam di dunia yang penuh ketidaksetaraan. Pendidikan agama Islam yang berfokus pada pemahaman harus menjadi prioritas karena siswa akan lebih mudah menumbuhkan empati, berbagi, dan kepedulian terhadap sesama jika mereka memiliki pemahaman yang mendalam.

Untuk mengatasi masalah ini, guru dan sekolah dapat melakukan hal-hal berikut untuk meningkatkan pemahaman agama Islam siswa SMP:

1. Menghubungkan Materi dengan Kehidupan Sehari-hari

Pendidik harus dapat mengaitkan materi agama dengan situasi dan situasi yang dihadapi siswa setiap hari. Misalnya, ketika guru membahas nilai-nilai moral Islam seperti kejujuran, kedamaian, atau toleransi, mereka dapat mengajak siswa berdiskusi tentang bagaimana nilai-nilai ini dapat diterapkan dalam hubungan dengan teman, keluarga, atau orang-orang di sekitar mereka. Siswa dapat melihat bagaimana ajaran agama Islam berdampak pada kehidupan mereka dengan cara ini.

2. Menggunakan Metode Pembelajaran yang Interaktif

Siswa SMP sebaiknya tidak hanya belajar agama Islam melalui ceramah atau hafalan saja. Pendekatan interaktif seperti diskusi kelompok, role play, atau studi kasus dapat membantu mereka memahami konsep agama dan bagaimana ajaran agama Islam berkaitan dengan kehidupan mereka. Misalnya, siswa dapat diajak untuk berdiskusi tentang masalah sosial yang mereka hadapi dan mencari solusi yang didasarkan pada ajaran Islam.

3. Integrasi Kurikulum

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun