[caption id="attachment_224447" align="alignleft" width="240" caption="twitter promosi"][/caption]
Desawa ini, penggunaan social media semakin ramai. apalagi setelah indonesia di nobatkan sebagai negara pengguna facebook terbesar kedua di dunia dan penggunaan twitter tercrewet di asia. Pengguna facebook yang semakin banyak ada anak di bawah umur, padahal facebook telah memproteksi bahwa anak dibawah umur 13 tahun tidak boleh mendaftar akun facebook. Anak-anak pun semakin pandai mengakali itu, dengan mengubah tahun lahir agar di verifikasi facebook.
Sementara twitter saat ini menjadi primadona bagi para remaja , terbukti banyak saya temui ABG tingkat SMA saja sudah lantang mengoceh di akun twitter masing-masing. masalah yang mereka bicarakan masih tetap seputar ABG yang galau atau bahkan ada yang curhat seperti di facebook kebanyakan.
Di sisi lain pengguna yang berumur 23 tahun keatas banyak yang menggunakan twitter untuk media branding, promosi dan iklan produk jualan mereka. tidak heran jika akun twitter banyak akun nama jualannya masing-masing. contoh saja @jualanjerseyonline , @najwa_olshop dan lain-lain. kesempatan promosi di twitter pun digunakan oleh sebagaian orang untuk membuat akun yang khusus melayani promosi jualan dengan mengandalkan follower yang banyak.
Sedikit cerita ketika saya terkagum dengan pak Putu Putrayasa yang dapat menjual properti lebih dari 10 M hanya melalui twitter. beliau mengungkapkan bahwa akunnya yang sekarang di follow sekitar 200rb lebih follower mampu mengasilkan milyaran omzet. beliau menilai bahwa twitter adalah media yang harus dikembangkan menjadi media tempat jualan. Mengandalkan follower yang banyak, itu adalah hal yang mutlak harus dilakukan agar promosi di twitter dapat berhasil.
Menanggapi hal tersebut maka marketing produk harus mulai membiasakan dengan digital marketing, yang mana dunia internet semakin luas dan banyak yang menggunakan sehingga promosi semakin menghemat biaya dan waktu. akibatnya juga bukan hanya produk tetapi juga tercipta brand lbih cepat karena menjaring jangkauan pasar yang luas.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H