Sudah dong.. Mungkin sebagai dari Anda yang membaca akan bilang begini.
Tapi kalo saya tambahkan sedikit kalimatnya menjadi, Sudahkah monitor penjualan produk Anda dengan benar?
Sudah juga? Hehe..
Monitoring merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan saat kita melakukan aktivitas apalagi di bisnis atau hal yang terkait dengan omzet dan profit. Kudu banget harus kita monitor juga agar bisa terlihat progresnya.
Oke, konsep besarnya mungkin sudah sama-sama setuju ya.
Langkah selanjutnya ialah gimana cara melakukannya? Kalo menggunakan software, apakah sudah mudah digunakan? Sudah bisa memberi data insight yang Anda perlukan?
Kebanyakan mungkin Anda sudah menggunakan software yang cukup terkenal yaitu Microsoft Excel. Betul?
Untuk Anda yang skala bisnis atau perusahaannya masih belum besar mungkin masih bisa terfasilitasi dengan berbagai fitur di Excel. Tapi kalo yang sudah punya puluhan cabang, ratusan jenis produk dan ribuan karyawan. Kira-kira masih cukup?
Kebetulan istri saya ada di lingkungan salah satu MNC FMCG yang juga menggunakan Excel untuk ini. Prosesnya tetap bisa dilakukan tetapi biasanya akan lebih memakan waktu apalagi bila device tidak mumpuni.
Jadinya akan LOLA alias Loading Lamaaaaa...
Trus gimana dong?