Mohon tunggu...
Lupin TheThird
Lupin TheThird Mohon Tunggu... Seniman - ヘタレエンジニア

A Masterless Samurai -- The origin of Amakusa Shiro (https://www.kompasiana.com/dancingsushi)

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Artikel Utama

Tokyo Game Show 2020 dan Masa Depan Gim

4 Oktober 2020   09:15 Diperbarui: 4 Oktober 2020   15:01 406
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Poster TGS2020 (sumber: nikkeibp.co.jp)

Perkembangan gim memang terasa amat cepat. Salah satu sebabnya adalah, teknologi pendukung seperti cip yang telah diramalkan oleh Gordon Moore, mengalami perubahan yang cepat juga.

Baca juga : Matinya Hukum Moore, Lahirnya Proses 7nm dan Setelahnya

Sewaktu kecil, setelah capek bermain layangan, kelereng, petak umpet, kasti, badminton dan banyak permainan lain, saya bersama teman sebaya biasanya pergi ke rumah teman yang mempunyai permainan canggih masa itu, yaitu game watch.

Alasannya simpel. Karena selain untuk beristirahat, kami juga bisa main gim dambaan bersama.

Tentu kami masing-masing harus bergiliran untuk bisa memainkannya. Terkadang sang empunya gim juga ingin berlama-lama main, dan kami tidak bisa protes karena memang tidak punya hak untuk itu.

Seiring pertumbuhan dari masa kecil ke masa remaja dan dewasa, gim juga berkembang bahkan bisa dikatakan lebih cepat dari pertumbuhan manusia itu sendiri.

Misalnya peranti keras gim yang bisa terkoneksi ke televisi, muncul menggantikan game watch. Lalu komputer dengan cepat mengambil alih fungsi peranti keras gim, bahkan mampu menjalankan gim kompleks dan kaya tampilan multimedia.

Lalu saat ini lahirlah telepon pintar. Benda ini bisa kita katakan "komputer" ukuran kecil yang bisa dimasukkan dalam saku, namun mempunyai kemampuan untuk menjalankan gim dengan kualitas sama seperti pada komputer.

Peranti keras gim (gamehuntblog.com)
Peranti keras gim (gamehuntblog.com)
Perkembangan gim
Mari kita lihat sejenak bagaimana perkembangan gim, khususnya peranti keras pendukungnya.

Saya di sini tidak akan menceritakan secara detail, karena kalau saya harus melakukan itu, maka bisa menjadi sebuah buku.

Secara garis besar, peranti keras gim harus melakukan proses pada dua hal. Yaitu mengolah data, kemudian menampilkan hasilnya dalam rupa visual (dan suara sebagai tambahan).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun