FILSAFAT PENDIDIKAN~ REALISME
Realisme merupakan salah satu dari sekian aliran dalam dunia filsafat. Aliran ini mempunyai pemikiran bahwa hakikat realitas yaitu terdiri dari jasmani dan rohani. Pendidikan dalam pandangan aliran ini lebih menekankan pada pembentukan peserta didik agar mamapu melaksanakan tanggung jawab sosial dalm menjalani kehidpan bermasyarakat. Untuk mencapainya diperlukan pendidikan yang ketat dan sistematis dengan dukungan kurikulum yang komperehensif dan kegiatan belajar yang teratur di bawah arahan pendidik.Pada prinsipnya implikasi realisme dalam dunia pendidikan antara lain.
- Inisiatif dalam pendidikan berada pada pendidik bukan pada anak. Hal ini dilakukan berdasarkan tujuan pendidikan yakni untuk menyesuaikan hidup dan tanggung jawab sosial.
- Peranan pendidik yaitu memberi perhatian pada peserta didik seperti apa adanya.
- Menciptakan anak didik untuk menguasai pengetahuan yang handal dan dapat di percaya melaui kedisiplinan mental maupun moral.
- Kurikulum dirancang mencakup semua pengetahuan.
- Metode belajar di pengaruhi pengalaman. Metode penyampaian secara logis dan memerhatikan unsur psikologis.
PEMIKIRAN TOKOH --TOKOH ALIRAN REALISME
Aristoteles (Realisme Klasik)
- Manusia memiliki ciri rasional. Manusia dikenal dengan akalnya.
- Pengetahuan yang benar buktinya ada pada pengetahuan.
- Agar menjadi manusia bijaksana, manusia harus dapat menyesuaikan lingkungan fisik dan sosial (sosial).
Thomas Aquinas (Realisme Religi)
- Moral pendidikan berpusat pada keagamaan.
- Tujuan pendidikan ialah menjadikan manusia bahagia dunia dan akhirat.
Frederick Breed (Neorealisme)