TEKNOLOGI BARU DALAM PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN
T4-7 -- Koneksi Antar Materi
Nama  : Syty Nurhayaty Siregar
NIM Â Â : 2005240213
Mahasiswa yang berbahagia, setelah rancangan praktik mikro mendapatkan masukan dan saran dari guru pamong atau guru penggerak, maka selanjutnya Anda kaitkan rancangan tersebut dengan tema atau materi yang Anda praktekkan di kelas PPL.
Pemanfaatan Perangkat Digital
Pemanfaatan perangkat digital menggunakan laptop dan proyektor pada saat ini menjadi salah satu kebutuhan yang akan selalu digunakan dalam pembelajaran di kelas. Tentunya penggunaan berbagai aplikasi lainnya seperti youtube, canva, wordwall, quizizz, dll. Pemanfaatan perangkat digital ini membantu guru dalam menyampaikan materi pelajaran dengan menarik.
Rancangan Praktik Mikro
- Perencanaan
- Proses ini dilakukan melalui observasi karakteristik peserta didik danmelihat minat serta kebutuhan belajar mereka sebagai pertimbangan untuk menyusun rancangan pembelajaran atau modul ajar. Pada tahap ini, modul ajar yang dibuat dengan mata pelajaran IPAS untuk kelas 3 dengan materi metamorphosis dan materi yang disiapkan dengan menggunakan canva agar lebih menarik serta wordwall untuk belajar sambil bermain untuk peserta didik setelah mengerjakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).
- Pelaksanaan
- Pelaksanaan dengan melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan rancangan yang telah disusun dengan menerapkan pemanfaatan teknologi yang sudah direncanakan.
- Evaluasi
- Memberikan LKPD individu dan kelompok kepada peserta didik pada akhir pembelajaran untuk mengetahui capaian pembelajaran hari ini.
Saran yang diberikan oleh guru pamong
Guru menyarankan agar menggunakan teknologi dalam kegiatan pembelajaran
Penerapan perangkat teknologi pembelajaran di lokasi PPL