Didalam kehidupan sehari-hari manusia tidak lepas dengan yang namanya komunikasi.Komunikasi  adalah suatu proses penyampaian pesan(ide,gagasan)dari satu pihak ke pihak lainya agar terjadi  feedback umpan balik yang saling mempengaruhi diantara keduanya. Komunikasi itu pada umumnya dilakukan secara lisan(verbal) akan tetapi komunikasi bukan hanya dari lisan saja tetapi bisa dari gerak tubuh,dan tulisan,seperti tersenyum,menggelengkan kepala,melambaikan tangan d.l.l.Nah di masyarakat kita sering sekali yang namanya berkomunikasi,baik itu dengan tetangga sekitar,kerabat ,keluarga,dan didalam suatu kelompok dll.
Mengajar adalah salah satu bentuk dari komunikasi antar guru dan siswa,nah disini saya sedang melakukan strategi komunikasi dengan mengajar anak anak dari Yayasan panti asuhan Al-Hikmah  untuk belajar mengaji.Nah kegiatan ini adalah salah satu bentuk dari kegiatan sosial yang saya lakukan dilingkungan sekitar saya.
Yayasan panti asuhan ini sudah berdiri sejak tahun 2010,dan Yayasan panti asuhan ini berdiri tepat di depan Masjid Nurul Hidayah.Sehingga anak-anak disana bisa belajar mengaji di TPA masjid Nurul Hidayah karna tempat nya juga sangat dekat sekali dengan Yayasan panti asuhan tersebut.Terkhusus anak yatim piatu,TPA Nurul HIdayah tidak di pungut biaya iuran bulanan.
Disini saya,Syntia Yusuf Naido berperan sebagai komunikator yaitu mengajar anak-anak disana mengaji,mulai dari membacaa surah-surah pendek,doa-doa dan membaca ayat suci Al-Qur’an dan memberikan motivasi betapa pentingnya belajar agama sejak dini.
Mengajar adalah salah satu bentuk dari komunikasi verbal,dimana komunikasi verbal ini adalah komunikasi yang menggunakan kata-kata,baik itu secara lisan maupun tulisan.Ada 2 jenis komunikasi verbal yaitu:
Menulis dan berbicara
Menulis merupakan jenis komunikasi verbal non vocal.salah satu bentuk contohnya dalam kegiatan ini yaitu menulis arab di papan tulis dan menulis arab di buku tulis.Sedangkan, berbicara adalah jenis komunikasi verbal vocal,salah satu contoh dari kegiatan ini yang termasuk komunikasi berupa berbicara yaitu misalnya,Ketika saya mengajar menggunakan Teknik ceramah,mengajak mereka membaca surah-surah pendek,dan menyanyi lagu lagu islami,nah ini termasuk ke dalam komunikasi verbal vocal.
Membaca dan mendengarkan
Membaca merupakan cara seseorang untuk mendapatkan informasi dari sesuatu  yang dilihat secara langsung.Contohnya dalam kegiatan ini yaitu,membaca apa yang ditulis di papan tulis,dan membaca al-Qur,an .Sedangkan,mendengar merupakan mengambil makna dari sesuatu yang didengar salah satu contoh dari kegiatan ini yaitu mendengarkan komunikan atau fasilitator(guru ngaji) Ketika berbicara atau menjelaskan materi yang disampaikan
Didalam suatu pembelajaran sangat dibutuhkan sekali komunikasi yang efektif demi menunjang keberhasilan anak-anak dalam mencapai materi yang diajarkan oleh tutor,guru,ustadzah d.l.l.Berkomunikasi dengan anak-anak tersebut sangat diperlukan skill komunikasi yang baik  apalagi anak anak sering sekali susah di atur dan setiap anak juga punya karakter yang berbeda-beda sehingga untuk menghadapinya perlu trik khusus.Adapun trik khusus yang harus kita bangun sebagai tenaga pengajar agar komunikasi efektif antara utadzah dan anak-anak yaitu:
1. Menggunakan Bahasa yang mudah dipahami