Mohon tunggu...
Imiastuti
Imiastuti Mohon Tunggu... - -

-

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Nasi Sipadeh Khas Nagari Simabur

15 Desember 2010   14:39 Diperbarui: 26 Juni 2015   10:42 1341
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ini adalah salah satu makanan khas dari nagari Simabur, Batu Sangkar, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Jika mampir ke Simabur, setiap orang hampir tak pernah melewatkan nasi satu ini yang telah terkenal sejak lama dan telah menyebar ke nagari-nagari sekitarnya. Namun, meski telah banyak menyebar, orang-orang pasti merasa lebih mantap jika mendapatinya langsung di tempat asalnya. Biasanya, nasi ini dimakan hangat-hangat dengan pical atau cukup dengan kerupuk saja atau kalau saya biasanya menyantapnya dengan keripik balado atau rakik maco (seperti rempeyek berempah dengan ikan kering- yang disebut maco-). Biasa dihidangkan di atas daun pisang agar lebih maknyuuuuusss.... Tapi gambar yang ada di bawah ini kebetulan tidak memakai daun pisang, karena dibuat ketika keluarga saya pulang kembali ke Bengkulu dengan membawa bahan-bahan yang telah dibeli di pasar Simabur. Saya biasa berkesempatan melahapnya hanya pada saat pulang ke rumah nenek di Sumatera Barat, karena bumbu-bumbunya hanya didapati di Simabur. [caption id="attachment_79971" align="aligncenter" width="604" caption="nasi simpadeh"][/caption] [caption id="attachment_79974" align="aligncenter" width="500" caption="Rakik Maco"]

1292398616165661430
1292398616165661430
[/caption]

Kalau saya lihat ibu atau saudara saya membuatnya, kelihatannya tampak mudah. Kurang lebih caranya sebagai berikut (semoga saja tidak menyesatkan dan mungkin saya akan mengkonfirmasi kembali pada Ibu saya..hehehe). Nasi yang telah dimasak hangat-hangat dibubuhi garam sampai merata. Lalu, irisan daun kunyit, kelapa yang telah diparut, langko' sampadeh (sejenis dedaunan yang membuat rasa dan aromanya menjadi khas), dan campuran bumbu berwarna kuning dan berasa pedas (saya lupa bahannya)  dicampuradukkan pada nasi yang telah dibubuhi garam tadi. Ditunggu sebentar dan ditutup agar wangi daun dan rasa bumbunya bisa menyatu pada nasi. Jadi dehhh..... Langsung disantap! :)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun