Mohon tunggu...
Syifa Nuryuliani
Syifa Nuryuliani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan IPS Universitas Pendidikan Indonesia

Menyukai dunia tulis menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Cara Belajar dan Media Pembelajaran Dapat Mempengaruhi Motivasi dan Minat Belajar Anak

20 Agustus 2022   18:00 Diperbarui: 20 Agustus 2022   18:04 181
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Proses dan suasana belajar sangat mempengaruhi hasil serta motivasi dan minat belajar anak.Belajar merupakan kegiatan yang membutuhkan lingkungan dan suasana khusus sehingga proses belajar berlangsung dengan baik dan prestasi belajar siswa dapat dicapai seoptimal mungkin.

Suasana belajar yang baik adalah suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan.Nyaman dalam hal ini jauh dari gangguan suara dan bunyi yang akan menganggu konsentrasi belajar.Sedangkan menyenangkan berarti suasana belajar yang gembira dan antusias.

Tidak ada aturan khusus dalam undang-undang yang mengatur bagaimana suasana yang tenang dan nyaman itu.Tenaga pendidik diharuskan menciptakan suasana belajar yang baik bagi peserta didik dengan caranya sendiri.

Menilik pada hal tersebut maka KKN 119 yang bertempat di Kecamatan Pameungpeuk mengadakan program pembelajaran dimana fokus kami adalah belajar dengan cara menyenangkan.

Adapun cara belajar yang kami gunakan agar anak merasa senang dan termotvasi untuk belajar adalah sebagai berikut:

1. Belajar dengan Media Visual (Gambar)

Anak-anak cenderung memperhatikan ketika guru menggunakan suatu media dalam proses belajar mengajar.Media visual (gambar) merupakan salah satu media yang dapat membantu anak dalam proses pembelajaran karena dengan adanya visualisasi, apa yang sedang dipelajari akan lebih tergambarkan dalam otak anak.

Kemudian, dalam pelaksanaan pembelajaran alangkah baiknya pendidik tidak langsung menjelaskan materi akan tetapi bertanya kepada anak terbelih dahulu.

Misalnya, dalam materi tetang lingkungan alam dan lingkungan buatan.Pendidik memberikan pertanyaan terlebih dahulu kepada anak-anak dengan memberikan gambar perbedaan lingkungan alam dan lingkungan buatan.Setelah itu biarkan anak menyimpulkan apa itu lingkungan alam dan lingkungan buatan.

Tak lupa pendidik pun memberikan arahan tentang apa itu lingkungan alam dan lingkungan buatan.Setelahnya berilah anak gambar tentang suatu lingkungan dan mintalah kepada anak menyebutkan mana yang termasuk lingkungan alam dan mana yang termasuk lingkungan buatan.

Dengan cara demikian dapat melatih otak anak, melatih kekritisan anak, melatih speaking anak, serta melatih dan membangun rasa percaya diri pada anak dengan mengemukakan pendapatnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun