Mohon tunggu...
Syifa Nurul
Syifa Nurul Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar/mahasiswa

Kepribadian

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengaruh lingkungan belajar yang mendukung motivasi belajar

13 Januari 2025   16:21 Diperbarui: 13 Januari 2025   16:21 29
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

  Pengaruh lingkungan belajar yang mendukung motivasi belajar itu sangat penting bagi siswa sekolah sd, karena ada nya motivasi siswa sd lebih bisa mendisiplin kan waktu dan mempokus kan belajar, Siswa siswi sekolah dasar sering kali merasa jenuh ketika belajar di sekolah,apa lagi dengan pasilitas yang kurang memadai.contoh ketika menghadapi kenaikan kelas siswa siswi sd sering kali mengeluh sering kali sedih, sering kali berputus aasa ketika mendapatkan nilai rendah maka seorang guru harus bisa memotivasi karena belajar saja tanpa motivasi serasa hampa,karena motivasi salah satu perkara yang menyebabkan kita antara semangat atau tidak nya.motivasi dalam belajar itu sangat penting bahkan untuk anak sd itu sangat di anjurkan untuk memotivasi siswa, walaupun cuma sebatas memberi riveuw untuk lebih semangat lagi tapi bagi anak sd itu sebuahh dorongan yang sangat harus di kejar, adapun pengaruh lingkungan belajar yang mendukung motivasi belajar, pengaruh lingkungan salah satunya kedamaian di kelas, bersih lingkungan, karena dari bersihnya lingkungan sekitar itu juga salah satu pengaruh lingkungan karena ketika bersih siswa pun nyaman untuk belajar itu salah satu mendukung motivasi belajar,di siplin kelas contoh nya seperti masuk tepat waktu, karena di harus kan dari kecil kita harus bisa mengatur waktu harus bisa di siplin karena kalau kita sering terlambat maka kita juga bakal gak pokus untuk mengikuti pembelajaran itu juga salah satu pendukung motivasi belajar selain motivasi dari guru, sebagai orang tua juga harus memotivasi anak nya untuk bisa lebih semangat belajar, dan untuk seorang ibu juga harus pintar pintar menanyakan kabar setelah sekolah minimal bertanya "gimana sekolah hari ini" itu juga bisa menanamkan semangat untuk anak, dan lingkungan belajar yang kondusif akan mendorong peserta didik untuk selalu termotivasi dalam belajar.
*Fungsi motivasi belajar Dalam kegiatan belajar diperlukan adanya motivasi. Motivasi akan senantiasa menentukan intensitas usaha belajar bagi para murid. Perlu di tegaskan, bahwa motivasi berkaitan erat dengan suatu tujuan. Motivasi mempengaruhi adanya kegiatan. Ada tiga fungsi motivasi yang dikemukakan oleh Sardiman (2009: 85) yaitu Mendorong manusia untuk berbuat, dalan hal ini motivasi merupakan motor penggerak dari setiap kegiatan yang akan dikerjakan, menentukan arah perbuatan kearah tujuan yang hendak dicapai, menyeleksi perbuatan, yakni menentukan perbuatan-perbuatan apa yang harus dikerjakan yang serasi guna mencapai tujuan, dengan menyisihkan.perbuatan-perbuatan yang tidak bermanfaat bagi tujuan tersebut.
*Strategi motivasi belajar Pembelajaran hendaknya mampu meningkatkan motivasi belajar murid. Hal ini berarti bahwa pendidik harus mempunyai strategi untuk memotivasi belajar murid. Ada beberapa strategi motivasi belajar yang di kemukakan oleh Rifa'i (2011: 186), yaitu: membangkitkan minat belajar, mendorong rasa ingin tahu, menggunakan variasi metode penyajian yang menarik, dan membantu murid dalam merumuskan tujuan belajar. Dengan menerapkan beberapa strategi motivasi belajar, diharapkan pendidik mampu membengkitkan rasa ingin tahu murid terhadap materi pelajaran. Penerapan metode pembelajaran yang bervariasi seperti, studi kasus, diskoveri, inkuiri, diskusi, curah pendapat dan sebagainya dapat digunakan untuk membangkitkan hasrat ingin tahu murid. Selain itu, pendidik juga dapatmembangkitkan motivasi belajar murid dengan cara pemutaran film, mengundang pembicara tamu, demonstrasi, komputer, simulasi, bermain peran, dan lainya. Pendidik hendaknya mendorong dan membantu murid agar.merumuskan dan mencapai tujuan belajarnya sendiri.

Adapun beberapa cara untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, di antaranya;

* memilih lokasi yang nyaman

  Agar proses belajar tidak terganggu dan konsentrasi belajar meningkat jadi guru harus bisa memilih lokasi yang nyaman, karena siswa siswi sd ketika sedang belajar kalau di luar kelas ramai pasti tidak pokus untuk belajar nya.

*memastikan pencahayaan yang baik

Yaitu dapat membantu menjaga pokus dan mencegah kelelahan mata karena penvahayaan yang baik juga dapat meningkatkan suasana hati, energi, dan konsentrasi siswa sd.


*membuat jadwal belajar yang teratur

Yaitu jadwal belajar yang teratur dapat membantu menciptakan lingkungan belajar yang mendukung.

* menggunakan teknologi dengan bijak

Yaitu menciptakn suasana belajar yang interaktif dan memotivasi.

memberikan motivasi visual

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun