Mohon tunggu...
syifa nabila
syifa nabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Semoga bermanfaat untuk kalian semua

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Strategi Efektif dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar: Perspektif Guru

2 Juli 2024   14:51 Diperbarui: 2 Juli 2024   15:05 43
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pendidikan di sekolah dasar merupakan fondasi penting dalam pembentukan karakter dan pengetahuan anak-anak. Oleh karena itu, strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru sangat menentukan keberhasilan pendidikan. 

Peningkatan Kompetensi Guru

Salah satu kunci utama dalam menciptakan pembelajaran yang efektif adalah peningkatan kompetensi guru. Slavin (2014) menekankan pentingnya pengetahuan dan keterampilan pedagogis yang kuat bagi guru. Pelatihan berkelanjutan dan pengembangan profesional secara terus-menerus sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas pengajaran. Menurut Eggen dan Kauchak (2012), guru perlu terus memperbarui pengetahuan mereka tentang strategi-strategi pembelajaran terbaru dan bagaimana mengimplementasikannya secara efektif di kelas.

Pendekatan Pembelajaran Berbasis Penelitian

John Hattie (2009) melalui penelitiannya dalam Visible Learning menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang berbasis pada penelitian dapat meningkatkan prestasi siswa. Hattie mengidentifikasi beberapa strategi yang terbukti efektif, seperti umpan balik yang konstruktif, pembelajaran kooperatif, dan penggunaan teknologi pendidikan. Guru dapat mengadopsi strategi-strategi ini untuk meningkatkan keterlibatan dan prestasi siswa.

Implementasi Strategi Inovatif

Marzano, Pickering, dan Pollock (2001) dalam Classroom Instruction That Works menguraikan berbagai strategi pengajaran berbasis penelitian yang telah terbukti meningkatkan prestasi siswa. Beberapa strategi tersebut termasuk:

1. Pemberian Umpan Balik: Memberikan umpan balik yang spesifik dan tepat waktu dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih baik dan memperbaiki kesalahan mereka.

2. Pembelajaran Kooperatif: Mengajak siswa bekerja dalam kelompok kecil untuk menyelesaikan tugas dapat meningkatkan keterampilan sosial dan akademik mereka.  

3. Penggunaan Metode Pembelajaran yang Beragam: Menggunakan berbagai metode seperti diskusi, demonstrasi, dan eksperimen untuk memenuhi berbagai gaya belajar siswa.

Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun