Mohon tunggu...
Syifa MuthiahMuthmainnah
Syifa MuthiahMuthmainnah Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Saya seorang mahasiswa dengan ketertarikan membahas perkemangan teknologi atau sesuatu yang berbau medis dan obat.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Evaluasi Kurikulum Merdeka: Apakah Sudah Efektif untuk Siswa?

6 November 2024   21:12 Diperbarui: 6 November 2024   21:33 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pendidikan Indonesia telah beberapa kali berubah sebelum Kurikulum Merdeka. Yang terakhir adalah transformasi dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi Kurikulum Nasional 2013, juga dikenal sebagai Kurikulum 2013. Kurikulum baru yang disebut "Merdeka Belajar" diluncurkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim pada tanggal 1 Februari 2021. Kurikulum ini mulai diterapkan pada Tahun Ajaran 2021/2022 di 2.500 sekolah di seluruh negara.

Kurikulum Merdeka diluncurkan sebagai upaya untuk menjawab tantangan pendidikan di Indonesia, memberikan ruang bagi siswa untuk belajar dengan cara yang lebih fleksibel dan kontekstual. Dengan menekankan pada pengembangan karakter dan keterampilan abad 21, kurikulum ini diharapkan dapat memfasilitasi pembelajaran yang lebih bermakna. Namun, muncul pertanyaan besar: apakah Kurikulum Merdeka sudah efektif untuk semua siswa.. Artikel ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas kurikulum tersebut berdasaran data dan pengalaman dari pelaksanaan di lapangan.

Kurikulum Merdeka merupakan pendekatan pendidikan yang memberikan kebebasan bagi siswa untuk menentukan jalur belajar mereka sendiri. Dengan prinsip belajar yang berpusat pada siswa, kurikulum ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif. Berbeda dengan kurikulum sebelumnya yang cenderung kaku, Kurikulum Merdeka memberikan penekanan pada konteks lokal dan kebutuhan siswa.

Evaluasi efektivitas Kurikulum Merdeka dilakukan dengan berbagai kriteria, antara lain pencapaian akademik, keterlibatan siswa dalam proses belajar, dan pengembangan karakter. Metode yang digunakan mencakup survei kepada siswa, guru, dan orang tua, serta analisis data akademik. Pendekatan ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif tentang dampak kurikulum.

Data menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam hasil ujian nasional di beberapa sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka. Namun, hasil ini bervariasi di berbagai daerah, menunjukkan bahwa tidak semua siswa merasakan dampak positif yang sama.

Berdasarkan survei, banyak siswa merasa lebih terlibat dan termotivasi untuk belajar. Mereka melaporkan bahwa pembelajaran yang lebih kontekstual dan berbasis proyek membuat mereka lebih aktif berpartisipasi dalam kelas. Namun, tantangan muncul bagi siswa dengan latar belakang yang kurang mendukung, di mana mereka mungkin masih merasa kesulitan.

Guru melaporkan adanya peningkatan kreativitas dalam pengajaran. Namun, banyak guru yang tidak siap menghadapi perubahan signifikan dalam pendekatan pembelajaran yang disediakan oleh Kurikulum Merdeka sehingga mereka mengakui bahwa membutuhkan lebih banyak pelatihan. Pelatihan yang berkelanjutan dan intensif diperlukan untuk memperoleh Teknik pengajaran yang lebih mudah beradaptasi dan inventif.

Meskipun Kurikulum Merdeka menjanjikan banyak hal, pelaksanaannya tidak lepas dari tantangan. Kendala dalam pelatihan guru, infrastruktur teknologi yang kurang memadai, dan resistensi terhadap perubahan menjadi hambatan signifikan. Selain itu, kesenjangan akses pendidikan di berbagai daerah juga mempengaruhi efektivitas kurikulum ini. Keterbatasan ini dapat menghambat penerapan Kurikulum Merdeka yang sanngat mengandalkan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran.

Untuk meningkatkan efektivitas Kurikulum Merdeka, diperlukan strategi yang jelas dan kolaborasi antara pemerintah, sekolah, dan masyarakat. Penguatan pelatihan bagi guru, penyediaan sumber daya yang memadai, serta peningkatan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan yang inklusif sangat penting.

Evaluasi terhadap Kurikulum Merdeka menunjukkan bahwa meskipun ada kemajuan yang dicapai, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk memastikan bahwa semua siswa mendapatkan manfaat maksimal dari kurikulum ini. Keberhasilan implementasi tergantung pada komitmen semua pemangku kepentingan untuk mendukung perubahan yang berkelanjutan dalam pendidikan. Dengan langkah-langkah yang tepat, Kurikulum Merdeka dapat menjadi fondasi yang kuat bagi pendidikan yang lebih baik di Indonesia.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun