Rubrik merupakan alat bagi guru untuk menetapkan panduan dalam mengukur kinerja kemampuan siswa pada suatu kriteria aspek untuk menilai suatu tes akademik, makalah, maupun proyek. Dengan ini, guru dapat monitoring kemampuan siswa dalam mengembangkan kemampuan menulis dengan baik dan tepat.
Pengalaman saya dalam membuat rubrik di "Writing Assessment" ini mengikuti arahan dosen yang pernah saya jalani di mata kuliah jurusan Sastra Inggris. Dalam menulis Bahasa Inggris, dibutuhkan 4 kriteria penilaian penting, diantara nya adalah
- Â ContentÂ
Mengetahui apakah isi teks tulisan siswa telah memenuhi kesesuaian kriteria dan tujuan dari topiknya, seperti pembahasan dan informasi yang relevan dan mendukung atau tidak.
- Organisation
Bagaimana kemampuan siswa dalam memenuhi aturan menulis seperti kerapian dan penyampaian informasi dapat dipahami.
- Vocabulary
Pemilihan kosa kata oleh siswa yang mampu mendukung keefektifan penyampaian materi yang disesuaikan dengan audiens.
- Syntax (grammar).
Melihat apakah penulisan siswa tersebut sesuai dengan grammar yang baik, tanda baca yang tepat, dll
Setiap aspek mempunyai nilai macam tingkatan nilai; excellent, good, fair, dan poor. Dikarenakan bahwa Bahasa Inggris merupakan Bahasa Intenasional yang perlu dipelajari, banyak dari siswa yang merasa kesulitan dalam bagian belajar menulis ini, berbeda dengan kemampuan berbicara dengan Bahasa inggris.
Maka dari itu, tujuan dari pembuatan rubric ini ialah untuk menilai dalam skala nilai setiap kriteria secara terpisah, keuntungan yang didapatkan adalah guru dapat memberikan penilaian dan umpan balik dari apa yang harus ditingkatkan.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H