Mohon tunggu...
Syawaliyah Nurus s
Syawaliyah Nurus s Mohon Tunggu... Lainnya - Akuntansi, Universitas Pancasakti Tegal

Hobi: mengedit

Selanjutnya

Tutup

Financial

Strategi Pemasaran dan Manajemen Produksi dengan Sistem Informasi untuk UMKM

28 Juni 2024   20:04 Diperbarui: 29 Juni 2024   11:10 79
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dibuat oleh: Syawaliyah Nurus Salamah

Prodi: Akuntansi, Universitas Pancasakti Tegal

Kelas: 2c

Perkembangan teknologi saat ini terjadi sangat dengan sangat pesat, terutama perkembangan teknologi internet yang telah mentransformasikan segala sesuatu ke dalam bentuk digital dan membuka bidang pemasaran baru. Pemanfaatan sistem informasi juga telah menjadi faktor kunci untuk membantu UMKM dalam meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya produksi, dan meningkatkan kualitas produk. 

Di era digital ini, strategi pemasaran dan manajemen produksi  yang terintegrasi dengan sistem informasi dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi UMKM, membantu mereka mencapai jangkauan yang lebih luas dengan cara yang lebih efisien. Sementara itu, dalam hal  manajemen produksi sistem informasi dapat membantu pengembangan produk, identifikasi kekurangan yang perlu diperbaiki untuk proses produksi selanjutnya, serta meningkatkan kualitas produk.

Strategi pemasaran memegang peranan yang sangat penting dalam mencapai keberhasilan pemasaran suatu perusahaan. Pelaku UMKM juga dapat menerapkan empat strategi pemasaran untuk meningkatkan produk yaitu strategi produk (product), strategi harga (price), strategi lokasi (place), serta strategi promosi (promotion). Aspek penting dari strategi pemasaran untuk meningkatkan kinerja bisnis dapat dicapai dengan menggunakan platfrom digital. 

Dengan bergabung dalam grup diskusi atau memanfaatkan media sosial, UMKM juga dapat membangun hubungan antara pelanggan potensial dan memperluas jaringan bisnisnya. Selain itu penggunaan pemasaran email digital dan berinteraksi dengan konsumen melalui platfrom online juga menjadi strategi pemasaran yang efektif bagi UMKM. 

Strategi bisnis menggunakan media sosial terbukti berhasil. Salah satu cara untuk menarik pelanggan untuk membeli barang atau jasa perusahaan adalah dengan melakukan promosi dalam digital marketing. Promosi ini dapat memungkinkan penjual untuk terhubung dengan segmentasi produk dan memungkinkan komunikasi dua arah antara penjual dan pelanggan.

Manajemen produksi adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengatur dan mengkoordinasikan penggunaan sumber daya baik sumber daya manusia, material dan keuangan secara efektif dan efektif, untuk menciptakan dan meningkatkan kegunaan suatu barang dan jasa. Salah satu cara untuk meningkatkan bisnis UMKM adalah dengan mengikuti perkembangan teknologi informasi. 

Manajemen produksi juga memerlukan perancangan aplikasi yang dapat membantu konsumen memperoleh informasi rinci mengenai produk, baik berupa informasi maupun pesanan, dimana konsumen dapat memesan produk dan memperluas cakupan pemasaran perusahaan. Dengan adanya persaingan dagang dan seiring perkembangan teknologi dapat meningkatkan omset dan memudahkan calon konsumen untuk mengetahui dan memesan produk yang lebih mudah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun