Mohon tunggu...
Syarifati Akmalia
Syarifati Akmalia Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Ingin merubah diri menjadi lebih baik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menginspirasi Pengalaman Magang di SMP IT Nurul Islam Yogyakarta

14 Januari 2024   23:57 Diperbarui: 15 Januari 2024   00:28 97
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pengalaman magang di SMP IT Nurul Islam ini menjadi pengalaman yang sangat berharga ,dalam periode ini saya diberi kesempatan bersama dengan rekan kelompok saya untuk mejelajahi ilmu tentang kependidikan.

Magang ini menjadi Langkah awal yang penting dalam perjalanan menempuh pendidikan dan karier saya pribadi ,ilmu magang ini dapat menjadi pacuan awal seseorang dalam menggabungkan teori atau ilmu yang saya dapatkan di kuliah dengan praktik di dunia lapangan kerja , sebelum itu saya belum mempunyai pengalaman magang tapi disemester 5 ini prodi memberi kesempatan yang harus dimanfaatkan dengan baik bagi mahasiwa terutama pada saya pribadi ini menjadi peluang untuk saya.

Saya antusias untuk menikuti program magang ini tentu karena tujuan dan manfaat nya begitu banyak . sebelum itu saya masih asing dengan sekolah yang bernuansa alam yang pembeljarannya tidak hanya didalam sekolah akan tetapi diluar itu merupakan hal yang baru bagi saya pribadi dan  menyenagkan apalagi bagi siswa yang sangat mencintai alam bukan hanya itu SMP ini  sangat bernuansa Islami .

 Pertama kali saya dengan rekan tim menginjakkan kaki di smp it tersebut kita disambut dengan ramah dan sopan disitu mulai dengan perkenalan kepala sekolah kemudian  guru pamong kemudian guru pembimbing setelah itu baru dari masing masing kita lanjut memulai dengan pengenalan sekolah, kita disitu berbincang bincang yang bisa diambil banyak manfaat nya .selang beberapa hari kita diizinkan masuk kelas untuk berinteraksi secara langsung dengan siwa siswa di SMP ini .

Interaksi langsung dengan siswa :

Ini merupakan awal perjalanan yang berkesan selama magang kareana dari hal ini saya dapat belajar tentang bagaimana menjadi guru yang baik bagaimana  menjadi guru yang  sabar menerangkan pelajaran yang belum jelas atau belum dipahami  bagi siswa ,dan bagaimana menjadi guru yang professional walaupun lelah tetapi harus tetap professional dalam mengelola hal ini bukan hanya itu menjadi guru yang murah senyum itu menurut saya hal yang penting agar pembawaan pada saat menerangkan kepada siswa menjadi hal yang menyenangkan membuat siswa tidak mengantuk atau bosan tapi kalo memang ada siswa yang kurang beradab atau melampaui batas wajib bagi guru untuk tegas jangan sampai dibiarkan saja . 

Saat saya dikelas itu membuat saya berfikir bahwa tidak semua siswa itu memperhatikan seorang guru bahkan berbicara dengan teman sebangkunya hal ini menjadi tugas bagi pendidik untuk bagaimana menghidupkan kelas agar siswa itu tau bahwa ilmu ini penting atau bermanfaat  untuk dirinya sendiri.

Refleksi Pribadi :

Pengalaman bagi pribadi saya sendiri magang ini dapat meningkatkan keterampilan soft skills ,tidak hanya secara teknis mahasiswa juga dapat meningkatkan komunikasi dan kerjasama secara tim hal ini sangat berharga apalagi dalam dunia kerja yang lebih sering menuntut lebih dari sekedar teori saja. Dan juga pengalaman magang ini dapat membentuk sebuah karakter untuk menjadi orang yang percaya diri dan harus terbiasa dengan lingkingan kerja dan ini memberikan suatu pandangan yang lebih jelas tentang arah yang akan dimbil kelak.dan cara untuk manajemen waktu dan masih banyak lagi.

Selain saya memahami lingkungan sekolah di SMP ini, saya juga sangat kagum sekolah ini sangat menjunjung nilai islam dari sholat lima waktu dengan berjamaah memakai pakaian yang syar'i itu menunjukkan bahwa guru - guru disini atau pendidik tidak hanya menjadi pengajar akan tetapi juga  sangat peduli tentang pengetahuan agama dan wawasan tentang pentingnya akan pendidikan islam . bukan hanya itu ada juga ekstrakurikuler yang sangat banyak di SMP IT ini , ini memberikan peluang yang banyak untuk siswa mengembangkan skill yang mereka punya.ini menunjukkan bahwa sekolah tidak hanya mendukung akademis akan tetapi juga keterampilan non-akademis

Selama saya disana saya bisa mengembangkan pengetahuan saya dan dapat  bertemu dengan guru dan siswa siswa yang sopan santun menjunjung tinggi agama sesuai dengan visi SMP ITNurul Islam  ini yaitu Menjadi Sekolah yang mampu menginspirasi siswa menjadi pembelajar ulung, mandiri, berkarakter islami dan berjiwa pemimpin . Magang ini semoga dapat membuka pintu untuk membangun jaringan professional.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun