Mohon tunggu...
Syarif Yunus
Syarif Yunus Mohon Tunggu... Konsultan - Dosen - Penulis - Pegiat Literasi - Konsultan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Dosen Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) - Direktur Eksekutif Asosiasi DPLK - Edukator Dana Pensiun - mantan wartawan - Pendiri TBM Lentera Pustaka Bogor - Kandidat Dr. Manajemen Pendidikan Pascasarjana Unpak - Ketua IKA BINDO FBS Univ. Negeri Jakarta (2009 s.d sekarang)), Pengurus IKA UNJ (2017-sekarang). Penulis dan Editor dari 47 buku dan buku JURNALISTIK TERAPAN, Kompetensi Menulis Kreatif, Antologi Cerpen Surti Bukan Perempuan Metropolis. Penasihat Forum TBM Kab. Bogor, Education Specialist GEMA DIDAKTIKA. Salam DAHSYAT nan ciamikk !!

Selanjutnya

Tutup

Politik Artikel Utama

Bahasa di Panggung Politik, Antara Kasta dan Nista

26 November 2016   23:58 Diperbarui: 27 November 2016   17:10 1614
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi. Retirement.com

Bahasa di panggung politik Indonesia menjadi ruang yang paling bebas dan terbuka. Bahasa menjadi satu-satunya alat paling efektif untuk mempengaruhi massa, lalu meraih kekuasaan. Berbagai simpati atau antipati dalam politik sangat dipengaruhi bahasa yang digunakan. 

Politik sebagai arena peperangan untuk meraih kekuasaan memang tidak dapat dipisahkan dari bahasa. Bahasa sangat mungkin mewakili kasta. Karena bahasa pula, politik dapat menjadi nista. Bahasa di panggung politik, sungguh berada di antara kasta dan nista.

Sebut saja, jelang Pilkada serentak 101 daerah di Indonesia pada Februari 2017, tiba-tiba bahasa muncul sebagai dimensi yang pantas diperdebatkan. Bahasa yang menjadi alat kampanye, bahasa yang menimbulkan multitafsir. Bahasa, sungguh menjadi “kendaraan” politik yang paling murah untuk dieksploitasi. Dalam ranah politik, bahasa terlalu mudah merepresentasi kasta politikus dan memunculkan penistaan.

Mari kita simak, persoalan bahasa yang ditimbulkan akibat pernyataan Ahok “Jangan mau dibohongi pakai Al Maidah”. Bahasa inilah yang menjadi sumber masalah hingga menimbulkan reaksi jutaan umat Islam yang menganggap sebagai penistaan agama. Demo besar-besaran 4 November 2016 lalu digelar, hingga akhirnya Ahok dijadikan tersangka atas kasus penistaan agama. Itulah yang terjadi akibat bahasa.

Terlepas dari persoalan hukum dan agama, dari aspek Bahasa atau linguistik bisa dimaknakan berbeda-beda.  Namanya ilmu dan tafsiran sangat mungkin menimbulkan perbedaan. Seperti bangsa Indonesia yang juga memang berbeda; beda suku beda Bahasa beda agama tapi tetap bhineka tunggal ika. Kembali kepada pernyataan “Jangan mau dibohongi pakai Al Maidah”. Ini analisis bahasa menurut saya tentunya:

  • Secara linguistik struktural, kalimat tersebut tidak memenuhi struktur kalimat yang lengkap dalam Bahasa Indonesia. Karena kalimat sekurang-kurangnya harus terdiri dari fungsi S (Subjek) dan P (Predikat). Faktanya, kalimat itu hanya punya “dibohongi” = Predikat (P) tapi Subjek (S) tidak ada atau melesap. Sebagai orang bahasa, saya menyatakan kalimat tersebut batal atau tidak bisa direkonstruksi maknanya. Sedangkan kata ‘Al Maidah” seperti juga kata “jangan” posisinya hanya sebagai Keterangan (adverbia) yang fungsinya untuk menambah atau memberikan, bukan objek atau subjek. Maka semakin jelas, kalimat tersebut batal dan tidak pantas dikaji secara linguistik struktural.

  • Secara linguistik transformatif-semantik (begitu saya menyebutnya), kalimat tersebut  sama sekali tidak bersifat “menistakan’. Mengapa? Karena bentuk “dibohongi pakai Al Maidah”, tidak bermakna “Al Maidah bohong”. Sama halnya dengan bentuk “dibohongi pakai teori”, “dibohongi pakai uang”. Tentu, teori atau uang bukan bohong. Di sisi lain, tata Bahasa transformatif pun mengenal istilah competence dan performance, deep structure dan surface structure. Secara sederhana dapat diartikan Bahasa “tersirat” dan “tersurat”. Maka kalimat tersebut, lagi-lagi sama sekali tidak ada makna “menistakan” secara tersurat, terlebih lagi secara tersirat. Maka, kalimat tersebut harus di lihat konteksnya, paragrafnya, wacananya, sedang membicarapan apa?  

Khusus untuk kalimat “Jangan mau dibohongi pakai Al Maidah”, menurut saya, Ahok itu kurang paham dalam berbahasa. Dia harus banyak belajar Bahasa Indonesia agar mampu berbahasa lebih baik, lebih benar, dan lebih becus lagi. Sebagai orang bahasa, saya tidak berkenan meluangkan waktu untuk “meladeni” tuturan bahasa yang tidak becus, bahasa yang tidak pantas untuk dianalisis apalagi dimaknai. Itu sikap saya, tentu boleh berbeda dengan sikap yang lain.

Bahasa Politik; Antara Kasta dan Nista

Hari ini, bahasa di panggung politik makin “cantik” dicermati. Karena bahasa bisa jadi alat untuk politik. Politik dan para politisi menunggangi bahasa untuk meraih simpati, meraih popularitas hingga membangun citra di mata masyarakat. Ada politisi yang sok santun dalam berbahasa, ada yang polos lagi lugas, bahkan ada yang sarkasme dan saling menghujat. Bahasa politik makin “ngeri-ngeri sedap”, meminjam istilah mendiang Sutan Bhatoegana. Bahasa di panggung politik makin rancu, makin ambigu. Politik bahasa pun makin menyeruak. Itulah keadaan sekaligus kualitas berbahasa panggung politik Indonesia.

Bahasa politik kini berdiri di antara kasta dan nista. Bahasa sebagai simbol kasta politisi, Bahasa juga menjadi alat menistakan politisi itu sendiri. Karena bahasa, sungguh menjadi cerminan politisi dan politik itu sendiri. “Sifat-sifat masyarakat terutama dapat dipelajari dari bahasanya, yang memang menyatakan sesuatu yang hidup dalam masyarakat tersebut” (Kailani, 2001:76).

Bahasa politik jadi tidak asyik diikuti dan dinikmati sekarang. Cara politisi berbahasa hanya membuat wacana baru dan mengundang perdebatan. Terlalu ambigu dan hanya permainan kata-kata tanpa makna. Bahasa politik sama sekali tidak memberikan keindahan dan metafora yang nyaman untuk dirasakan. Karena bahasa politik, hanya menjadi simbol kasta dan alat menistakan.

Bahasa di panggung politik adalah kepentingan kasta, kepentingan kekuasaan. Bahasa yang dipenuhi oleh kata-kata kamuflase untuk meraih simpati demi kekuasaan, penuh janji-jani kosong. Bahasa untuk kasta, melekat pada politisi yang kemarin bukan siapa-siapa lalu bernafsu untuk menjadi siapa-siapa. Bahasa yang kemarin apa adanya, kini menjadi ada apanya. Bahasa politik untuk kasta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun