Bertajuk "Membangun Kemitraan di TBM", Forum TBM menggelar live Instagram Sapa TBM ke-3 dengan menghadirkan narasumber Syarif Yunus dari TBM Lentera Pustaka Bogor, Yudi dari Rumah Baca SangPatualang Wonosobo, dan Dayu dari TBM Pinjam Pustaka Sorong yang dipandu Aris Munandar, Pengurus PP Forum TBM (7/7/2023). Diikuti 24 peserta, kegiatan ini bertujuan untuk berbagi informasi akan pentingnya membangun kemitraan di taman bacaan. Upaya kolaborasi dengan berbagai pihak dalam memajukan aktivitas taman bacaan di mana pun.
Salah satu poin penting dalam meningkatkan kemitraan di TBM adalah mengajak pihak korporasi atau perusahaan untuk ber-CSR atau mendukung aktivitas giat membaca di taman bacaan. Kemitraan di taman bacaan, tentu dapat berbentuk penggalangan komunitas relawan, donatur buku, CSR di TBM, atau sponsor CSR korporasi untuk ikut membiayai operasional dan seluruh aktivitas taman bacaan. Kemitraan konkret melalui CSR korporasi ini yang dialami selama 5 tahun berturut-turut oleh TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor yang setiap tahunnya selalu didukung 3 perusahaan dengan besaran kontribusi mencapai Rp. 60 juta per tahun
Â
Untuk itu, kemitraan di TBM dapat dibangun melalui proses yang tidak mudah. Harus didukung oleh komitmen dan konsistensi dalam berliterasi di taman bacaan. Setidaknya ada 6 (enam) cara yang patut ditempuh taman bacaan untuk mendapatkan mitra CSR antara lain:
1. TBM selalu aktif dan memiliki kinerja yang dapat dijadikan "modal penting" untuk menggaet mitra.
2. TBM harus melakukan promosi dan publikasi secara rutin di media online atau media sosial sebagai rekam jejak aktivitas literasi di TBM.
3. TBM selalu memperkuat relasi dan hubungan baik dengan pihak swasta yang peduli terhadap aktivitas taman bacaan untuk menawarkan CSR di TBM.
4. TBM perlu menyiapkan kontraprestasi atau benefits dari korporasi atau mitra swasta bila melakukan CSR di taman bacaan. Apa untungnya CSR di taman bacaan Anda?
5. TBM selalu berkomunikasi dan memberikan laporan berkala terkait aktivitas TBM dan pemanfaatan donasi/dana CSR yang diberikan. Sebagai bukti profesionalisme dan transparansi pengelola taman bacaan kepada pemberi CSR.
6. TBM memiliki rencana tahunan dan keterlibatan relawan/komunitas sebagai "daya tarik" CSR korporasi di taman bacaan.