Mohon tunggu...
Syarif Yunus
Syarif Yunus Mohon Tunggu... Konsultan - Dosen - Penulis - Pegiat Literasi - Konsultan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Dosen Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) - Direktur Eksekutif Asosiasi DPLK - Edukator Dana Pensiun - mantan wartawan - Pendiri TBM Lentera Pustaka Bogor - Kandidat Dr. Manajemen Pendidikan Pascasarjana Unpak - Ketua IKA BINDO FBS Univ. Negeri Jakarta (2009 s.d sekarang)), Pengurus IKA UNJ (2017-sekarang). Penulis dan Editor dari 47 buku dan buku JURNALISTIK TERAPAN, Kompetensi Menulis Kreatif, Antologi Cerpen Surti Bukan Perempuan Metropolis. Penasihat Forum TBM Kab. Bogor, Education Specialist GEMA DIDAKTIKA. Salam DAHSYAT nan ciamikk !!

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Evaluasi Kinerja IKA UNJ, di Mana Seharusnya Berada ?

26 Oktober 2017   00:25 Diperbarui: 26 Oktober 2017   01:04 425
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Evaluasi kinerja, buat siapapun penting dilakukan.

Termasuk IKA UNJ (Ikatan Alumni Universitas Negeri Jakarta) pun tak luput untuk melakukan evaluasi kinerja kepengurusan. Khususnya jelang 60 hari sejak dilantik pada September 2017 lalu. Oleh karena itu, Badan Pengurus Harian (BPH) IKA UNJ melakukan evaluasi terhadap kinerja dan program kerja kepengurusan, di samping berbincang isu-isu strategis terkait pengembangan organisasi IKA UNJ ke depannya.

Satu spirit dalam evaluasi kinerja IKA UNJ, hari ini 25 Oktober 2017, adalah memetakan program kerja organisasi untuk mengetahui "di mana kita nyatanya berada" dan "di mana kita seharusnya berada". Dengan spirit ini, diharapkan rekan-rekan pengurus IKA UNJ dapat "bergerak dan bergerak" guna menambah energi untuk merealisasikan program kerja yang telah dicanangkan saat Rapat Kerja lalu alih-alih mengenali kendala dan  kekurangan yang ada untuk memastikan tercapainya tujuan organisasi IKA UNJ; baik untuk sesama alumni, untuk almamater maupun untuk bangsa dan negara. ALUMNI MENGABDI, begitu tekad IKA UNJ.

"Evaluiasi ini penting untuk memetakan posisi IKA UNJ hari ini. Kita perlu mempercepat kinerja organisasi agar berdaya guna dan penuh maslahat. Karena, saya menghimbau rekan-rekan pengurus untuk melihat kembali program kerja yang sudah dicanangkan" ujar Juri Ardiantoro, Ketua Umum IKA UNJ di sela Rapat Bulanan BPH IKA UNJ hari ini.

Beberapa bahasan rapat bulanan BPH IKA UNJ yang perlu ditindaklanjuti dan diekseskusi secara nyata adalah sebagai berikut:

  1. IKA UNJ akan segera mempersiapkan website IKA UNJ sebagai sarana informasi dan corong organisasi dalam melakukan aktivitas, di samping upaya untuk melakukan optimalisasi data base/keanggotan alumni di IKA UNJ. Website ini nantinya akan bersinergi dengan UNJConnect sebagai mobile applications IKA UNJ yang sudah ada.
  2. Akan dibentuk tim BUKU Lansekap Pendidikan Indonesia yang melibatkan para pakar pendidikan dari UNJ untuk menulis, yang lebih menitikberatkan "arah dan tantangan pendidikan di era milenial".
  3. IKA UNJ pun akan memulai penerbitan Jurnal Ilmiah Kependidikan "Cendikia Utama"untuk memfasilitasi para alumni yang berprofesi guru untuk menulis ilmiah, menulis jurnal sebagai sumbangsih pemikiran untuk dunia pendidikan. Melalui jurnal ini diharapkan para alumni UNJ yang guru dapat memanfaatkan sebagai sarana penulisan.
  4. Akan dijajaki penerbitan Kartu Anggota IKA UNJ bersama BNIyang dapat memberikan nilai tambah kepada alumni UNJ dengan segala kemudahannya. Untuk itu, sangat penting setiap prodi dan fakultas yang ada di UNJ memiliki organisasi Ikatan Alumni agar Kartu Anggota ini dapat disosialisasikan kepada seluruh alumni UNJ.
  5. Keuangan organisasi IKA UNJ juga akan  segera dirumuskan oleh tim khusus agar dapat mempermudah jalannya roda organisasi. Sesuai dengan spirit IKA UNJ kali ini, diharapkan program kerja dan kegiatan yang dilakukan dapat "mendanai sendiri" kegiatan. Agar tidak melulu didanai oleh organisasi. Karena itu sangat dibutuhkan sinergi dan kreativitas untuk melaksanakan program kerja.
  6. Mulai November 2017, akan diselenggarakan Rapat DwiMingguan IKA UNJ pada setiap Rabu minggu ke-2 dan minggu ke-4setiap bulannya di Sekretariat IKA UNJ di Gd. Pasca Sarjana Kampus UNJ. Hal ini dimaksudkan untuk memperkuat konsolidasi dan koordinasi dari setiap rencana program kerja dan isu-isu strategis yang perlu ditindaklanjuti.

Untuk itu, demi tercapainya tujuan organisasi IKA UNJ, para pengurus diharakan dapat berkoordinasi kembali sesuai bidang kerja masing-masing. Untuk memastikan terlaksananya program kerja dan nilai tambah IKA UNJ bagi lebih dari 110.000 anggotanya.

Melalui evaluasi kinerja ini, setidaknya IKA UNJ telah memunculkan kesadaran baru untuk memetakan jalannya organisasi termasuk para pengurus yang ada di dalamnya. Karena organisasi yang efektif adalah mereka yang mampu melakasanakan dan mengevaluasi secara efektif, apapun kegiatannya agar menghasilkan manfaat yang diinginkan.

Karena IKA UNJ hanya dapat hidup jika mampu melihat kesenjangan antara "harapan dan kenyataan" di dalam organisasinya sendiri .... Di situlah cerminan "Alumni Mengabdi".

Maka kini, IKA UNJ bergeraklah dan terus bergerak ...

Karena hari ini, tidak ada lagi yang perlu didiskusikan. Selain "berbuat untuk mengabdi kepada almamater". Kalau bukan kita ,siapa lagi? Kalau tidak sekarang, kapan lagi?

#IKAUNJ #AlumniMengabdi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun