Mohon tunggu...
Sakhiyul Anam
Sakhiyul Anam Mohon Tunggu... Lainnya - *Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA)*

Sedang berproses

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengenal Puisi Melalui Pembelajaran yang Menyenangkan di Kelas 8 SMPN 20 Semarang

3 Januari 2023   10:56 Diperbarui: 3 Januari 2023   10:57 298
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Puisi adalah salah satu jenis karya sastra yang memiliki keunikan tersendiri. Puisi tidak hanya menyajikan teks yang indah dan bermakna, tetapi juga mengandung simbolisme dan metafora yang membantu pembacanya untuk lebih memahami dan menghayati isi teks tersebut.

Di SMP N 20 Semarang, pembelajaran puisi di kelas 8 merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap penting. Hal ini dikarenakan pembelajaran puisi tidak hanya membantu siswa memahami teks puisi secara lebih mendalam, tetapi juga memperkuat keterampilan berbicara, menulis, dan berpikir kritis siswa.

Pendidik di SMP N 20 Semarang memahami bahwa pembelajaran puisi harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan bagi siswa agar dapat memberikan manfaat yang optimal. Oleh karena itu, pendidik di sekolah ini tidak hanya menyajikan teks puisi secara langsung, tetapi juga menggunakan berbagai metode pembelajaran yang menyenangkan, seperti menganalisis struktur, tokoh, tema, dan simbol dalam puisi, serta membahas dan mengevaluasi interpretasi puisi melalui diskusi kelompok.

Selain itu, pendidik juga mengajak siswa untuk melakukan latihan menulis puisi, baik dengan menulis puisi baru atau dengan menulis ulang puisi yang telah ada. Pendidik juga memberikan tugas-tugas yang menantang namun tetap sesuai dengan kemampuan siswa, seperti membuat presentasi tentang puisi yang telah dibaca atau menulis ulasan tentang puisi tersebut.

Untuk menggunakan pembelajaran diskusi kelompok dalam pembelajaran puisi, berikut strategi yang digunakan guru di SMP N 20 Semarang:

Menyiapkan beberapa kata kunci yang akan dibahas sebelum kegiatan diskusi kelompok dimulai. Kata kunci tersebut dapat dipilih sesuai dengan tema yang akan dibahas atau sesuai dengan tingkat kemampuan siswa.

Membagi kelompok siswa secara merata dan menetapkan tujuan dan aturan yang jelas untuk kegiatan diskusi kelompok.

Memberikan beberapa video puisi yang mana video tersebut bisa memberikan gambaran kepada siswa bagaimana cara membuat puisi yang benar

Memberikan gambaran cara membuat puisi melalui penjelasan mulai dari apa itu puisi, sampai dengan unsur unsur yang membangun pada puisi.

Memfasilitasi kegiatan diskusi kelompok dengan cara yang tidak dominan. Fasilitator harus memberi kesempatan kepada siswa untuk berbicara dan memberikan masukan secara merata.

Menyediakan beberapa pertanyaan yang dapat membantu siswa memahami puisi yang dibahas, seperti:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun