Mohon tunggu...
Syairazy Awra Azizan
Syairazy Awra Azizan Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pemanfaatan Line, Sarana Komunikasi Antarpribadi oleh Antarteman

2 November 2021   00:11 Diperbarui: 2 November 2021   00:19 405
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Oleh: Syairazy Awra Azizan

Komunikasi antar pribadi merupakan komunikasi yg dilakukan dengan 2 orang atau beberapa orang pada grup kecil yg melakukan pertukaran pesan baik secara lisan & nonverbal juga buat menerima dampak & umpan baliknya. Ciri-cirinya yaitu mempunyai keterbukaan buat menanggapinya dengan senang hati liputan yg diterima pada pada menghadapi interaksi antarpribadi, mempunyai ikut merasakan buat mengetahui apa yg sedang dialami orang lain dalam suatu ketika tertentu, mempunyai dukungan buat mendukung komunikasi berlangsung efektif, mempunyai perasaan positif terhadap dirinya buat mendorong orang lain lebih aktif berpartisipasi & membangun situasi komunikasi aman buat hubungan yg efektif, mempunyai Kesetaraan buat menaruh penghargaan positif tidak bersyarat pada individu lain.

Aplikasi LINE merupakan sebuah pelaksanaan pengirim pesan instan (Instant Messenger) perdeo yg bisa dipakai dalam aneka macam platform misalnya smartphone, tablet, & komputer. Aplikasi LINE difungsikan menggunakan memakai jaringan internet sebagai akibatnya pengguna pelaksanaan LINE bisa melakukan kegiatan misalnya mengirim pesan teks, mengirim gambar, video, pesan suara, & lain lain.

Berikut contoh komunikasi antar pribadi:

Saya bertemu teman online lewat aplikasi game Mobile Legend, pada saat itu saya sedang bermain game Mobile Legend dan player musuh memuji saya di dalam game kalau saya ini sangat profesional dalam memainkan hero Mobile Legend, akhirnya saya mengucapkan terima kasih ke player musuh tersebut. Setelah match dari game Mobile Legend selesai player musuh tadi mengechat saya di game Mobile Legend, player tadi bertanya ke saya, apakah nanti saya bisa main bareng lagi sama kamu, saya menjawab ya boleh nanti saya invite kalau saya ingin bermain, player tadi menjawab oke. Setelah saya dan player tadi bermain game bersama lagi, player tersebut bertanya lagi ke saya, apakah kamu mempunyai sosial media supaya saya bisa lebih gampang untuk mengajak kamu bermain game Mobile Legend, saya menjawab, saya mempunyai Line jika ingin ngechat saya bisa lewat Line, saya sambil mengirim akun line ke player tersebut, player tadi menjawab ok saya akan ngechat kamu lewat Line.

Player tersebut adalah seorang perempuan yang bernama Shafira Angelina biasa dipanggil fira. Ia berasal dari Bandung, lebih tepatnya di Palasari, suku Sunda. Shafira bersekolah di SMAN 5 Bandung, Ia baru menduduki di bangku kelas tiga SMA (Sekolah Menengah Atas), Shafira di SMA memasuki jurusan IPS, dia bercerita ke saya bahwa dia awalnya ingin masuk ke jurusan IPA, karena nilainya yang kurang bagus akhirnya dia mendapatkan jurusan IPS, tapi dia senang karena mempunyai teman yang asik dan bisa di ajak bekerja sama. Shafira sering bermain banyak aplikasi game salah satunya yaitu game Mobile Legend, game ini lebih sering dimainkan Shafira dibandingkan dengan game – game yang lain, karena teman – temannya juga banyak yang memainkan game Mobile Legend. Shafira pernah mengikuti turnamen game Mobile Legend lewat situs online dan mendapatkan juara ke 3, hadiah yang didapatkan dari turnamen game Mobile Legend tersebut berupa sebanyak 300 diamond dan mendapatkan skin hero spesial. Shafira mempunyai hobi yaitu menyanyi, ia suka menyanyikan lagu – lagu pop dari Indo maupun dari Barat, seperti lagu Terlukis Indah-Rizky Febian feat Ziva Magnolya, Tentang Dirimu-Raisa, Ingkar-Tulus, Bagaimana Kalau Aku Tidak Baik-Baik Saja-Judika, Hadapi Berdua-Tiara Andini, Bisa Tanpamu-Andmesh, A Thousand year-Christina Perri, All You Had To Do Was Stay-Taylor Swift, Break Free-Ariana Grande ft. Zedd, Diamond-Rihanna, Halo-Beyonce, Impossible-James Arthur, dan masih banyak lagi. Shafira juga berencana untuk melanjutkan pendidikannya di Universitas Padjajaran dan akan mengambil jurusan Ilmu Hukum karena dia suka hal-hal yang berbau politik.

Berikut adalah komunikasi saya dengan Safira melalui Line:

Shafira: “Hallo, saya tadi yang main bareng game Mobile Legend sama kamu, salam kenal ya, saya Shafira Angelina biasa dipanggil fira”.

Razy: “Ohh kamu yang nicknamenya ‘Sovereign’ ya?”.

Shafira: “Iya”.

Razy: “Salam kenal juga ya, saya Syairazy Awra Azizan biasa dipanggil razy”.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun