Mohon tunggu...
Syaifulloh
Syaifulloh Mohon Tunggu... Guru - Simposium Pendidikan

Penikmat Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mengembangkan Program Sekolah/Madrasah Yang Berdampak Dengan Filosofi Naik Kereta Api

30 Desember 2024   06:10 Diperbarui: 30 Desember 2024   05:05 32
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Dokumen Pribadi 

MENGEMBANGKAN PROGRAM SEKOLAH/MADRASAH UNGGULAN YANG BERDAMPAK DENGAN MENGGUNAKAN FILOSOFI NAIK KERETA API

Oleh: Syaifulloh
Konsultan BBPMP Jawa Tengah

Belasan tahun lalu, sebuah ormas Islam besar di Jawa Timur, mengembangkan program sekolah unggulan di berbagai daerah sebagai strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di bawah organisasinya. Inisiatif para pengurus saat itu bertujuan untuk segera merealisasikan sekolah/Madrasah Islam unggul di bawah orgniasasi itu agar peningkatan mutu pendidikan baik secara akademis-non akademis,memiliki karakter kuat dan akhlak mulia dapat di implementasikan sekolah/madrasah degan baik dan terarah. Program pengembangan sekoalh/Madrasah unggulan yang digagas oleh pengurus Ormas itu melalui pendekatan holistik, sekolah/madrasah unggulan ini diharapkan menjadi pelopor perubahan yang signifikan dalam dunia Pendidikan Islam yang merata di Jawa Timur pada saat itu.
Kami, tim dari Al-Hikmah Surabaya, yang terdiri dari empat orang dengan latar belakang keahlian yang berbeda, diberi amanah untuk mewujudkan visi besar ini. Tim ini mencakup seorang ahli manajemen pendidikan, seorang ahli pembelajaran matematika, seorang ahli dalam pembelajaran sains (IPA), dan seorang spesialis dalam pembelajaran bahasa. Semua anggota tim memiliki kompetensi mendalam dalam mengintegrasikan nilai-nilai karakter Islami dan Al-Quran dalam setiap aspek program yang dirancang.
Sesuai pengalaman yang dimiliki oleh tim yang berkecimpung di AlHikmah Surabaya dan Konsorsium Pendidikan Islam dan sudah teruji dalam melaksanakan pengembangan sekolah, kami mulai merancang program sekolah/Madrasah unggulan yang berorientasi pada pembentukan karakter dan peningkatan mutu Pendidikan secara komprehensif untuk sekokah/madrasah. Program ini berfokus pada aspek akademik-non akademik, dan menekankan pentingnya nilai-nilai spiritual dan karakter. Keyakinan kami adalah bahwa pendidikan yang berkualitas harus mencakup semua dimensi ini untuk menciptakan generasi yang tangguh dan berdaya saing tinggi

Tantangan yang dihadapi dalam perjalanan ini tidak sedikit. Kami harus menyesuaikan pendekatan dengan kebutuhan spesifik setiap daerah, memastikan relevansi program, dan melibatkan berbagai pihak terkait, mulai dari Yayasan, kepala sekolah, Komite Sekolah hingga masyarakat setempat. Namun, dengan kerja sama yang solid dan komitmen kuat, kami yakin dapat membawa perubahan yang bermakna.
Langkah awal yang diambil adalah melakukan pemetaan mendalam terhadap sekolah-sekolah yang menjadi pilot project. Dengan data dan analisis yang mendalam, kami mampu merancang strategi yang relevan dan efektif. Inisiatif ini untuk menciptakan budaya pendidikan yang unggul, inspiratif, dan berkelanjutan.

Langkah Awal: Pemetaan Sekolah/Madrasah

Sebagai langkah pertama, kami memulai dengan memetakan sekolah dan madrasah yang akan dijadikan sebagai pilot project. Pemetaan ini dilakukan menggunakan instrumen khusus untuk menilai berbagai aspek penting. Di antaranya adalah kualitas fasilitas fisik, kompetensi tenaga pendidik, kurikulum yang diterapkan, hingga tantangan-tantangan unik yang dihadapi masing-masing sekolah.
Melalui proses pemetaan ini, kami mendapatkan potret menyeluruh tentang kondisi setiap sekolah. Data yang terkumpul menjadi dasar untuk merancang program unggulan yang tidak hanya inovatif tetapi juga sesuai dengan kebutuhan nyata. Pendekatan ini membantu kami memastikan bahwa setiap langkah pengembangan dapat memberikan dampak yang signifikan.
Hasil dari pemetaan tersebut kemudian disusun menjadi peta jalan perencanaan yang sistematis. Kami memahami bahwa setiap sekolah memiliki kondisi dan kebutuhan yang berbeda. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang relevan, kontekstual, dan spesifik untuk menjawab kebutuhan unik tersebut secara efektif.
Dalam proses ini, kami juga melibatkan pihak sekolah untuk memberikan masukan langsung mengenai tantangan yang dihadapi dan potensi yang dimiliki. Pendekatan partisipatif ini memberikan perspektif yang lebih kaya dan memperkuat komitmen semua pihak untuk mendukung implementasi program.

Pemetaan ini menjadi dasar bagi kesuksesan program unggulan ke depan. Dengan memahami titik awal dan kondisi faktual sekolah/madrasah, kami dapat merancang solusi yang bersifat jangka pendek tetapi juga berkelanjutan untuk lerubahan pendidikan.

Pelatihan Awal: Dasar yang Kokoh untuk Kualitas Program Sekolah/Madrasah Unggulan.

Setelah proses pemetaan selesai, langkah selanjutnya adalah menganalisis hasil yang telah diperoleh. Tim konsultan bekerja sama dengan pengurus wilayah untuk mendalami data dari instrumen pemetaan. Analisis ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan utama, potensi yang dapat dioptimalkan, dan kebutuhan spesifik dari masing-masing sekolah atau madrasah. Informasi tersebut menjadi dasar untuk menyusun strategi pelatihan, pendampingan, dan proses in-depth interview yang akan dilaksanakan di Batu, Malang.
Hasil analisis ini digunakan untuk merumuskan materi yang relevan dengan kebutuhan peserta pelatihan. Materi yang dirancang mencakup berbagai aspek penting, seperti manajemen sekolah, kurikulum unggulan, proses belajar mengajar, strategi pengembangan karakter siswa, dan rencana peningkatan kualitas tenaga pendidik. Tim konsultan memastikan bahwa setiap materi tidak hanya teoretis, tetapi juga praktis dan aplikatif, sehingga dapat langsung diterapkan di lapangan.
Selama pelatihan di Batu, Malang, in-depth interview menjadi pendekatan utama untuk menggali lebih dalam potensi dan tantangan yang dihadapi oleh masing-masing sekolah atau madrasah. Wawancara ini menjadi sarana untuk memberikan bimbingan langsung untuk mendiskusikan visi dan misi sekolah unggulan yang ingin dicapai. Pendekatan ini memungkinkan dialog yang lebih personal dan terfokus, menciptakan rencana implementasi yang lebih tajam dan relevan.

Tim konsultan juga memanfaatkan sesi pelatihan untuk membangun komitmen bersama antara kepala sekolah, guru, komite sekolah, dan yayasan. Pendekatan kolaboratif ini memastikan bahwa setiap elemen sekolah memiliki pemahaman yang sama tentang tujuan program dan perannya dalam implementasi. Proses ini dilengkapi dengan pendampingan intensif oleh supervisor wilayah, yang bertugas mendukung pelaksanaan program unggulan di lapangan.
Langkah-langkah yang terukur, pelatihan ini menjadi gwrakan perubahan unutk melangkah bersama pendidikan di sekolah atau madrasah yang menjadi pilot project. Sinergi antara analisis yang mendalam, perencanaan yang matang, dan pelaksanaan yang terstruktur menjadi kunci keberhasilan dalam mengembangkan sekolah/madeasah unggulan yang berdaya saing tinggi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun