Mohon tunggu...
Syaian Maulana Kusuma Ramadani
Syaian Maulana Kusuma Ramadani Mohon Tunggu... Mahasiswa - UNIVERSITAS AIRLANGGA

Seorang mahasiswa Teknologi Veteriner Universitas Airlangga

Selanjutnya

Tutup

Analisis

KBS : Hadirkan Pelayanan Yang Berkualitas Dalam Dunia Satwa

19 Desember 2024   23:03 Diperbarui: 19 Desember 2024   23:03 25
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Kebun Binatang Surabaya (KBS), berdiri sejak 31 Agustus 1916, adalah salah satu kebun binatang tertua di Asia Tenggara dan terbesar di Indonesia. Terletak di pusat Kota Surabaya, kebun binatang ini dikenal sebagai destinasi wisata populer, dengan koleksi lebih dari 2,000 hewan dari 200 spesies yang berbeda, termasuk satwa langka seperti komodo, harimau Sumatra, dan orangutan. Selain berfungsi sebagai tempat rekreasi, KBS juga menjalankan peran penting dalam edukasi dan konservasi satwa, serta sering menyelenggarakan kegiatan edukatif untuk meningkatkan kesadaran lingkungan di kalangan pengunjung. Sebagai salah satu kebun binatang tertua, tentunya pelayanan yang diberikan harus jauh lebih baik. Karena Pelayanan yang baik sangat penting dalam meningkatkan pengalaman pengunjung di destinasi wisata, termasuk Kebun Binatang Surabaya. Pelayanan pelanggan yang unggul dapat menciptakan kesan pertama yang positif dan meningkatkan kepuasan secara keseluruhan. Interaksi yang ramah dan responsif dari staf dapat mendorong pengunjung untuk kembali dan merekomendasikan tempat tersebut kepada orang lain. Selain itu, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pengunjung, sehingga reputasi kebun binatang juga dapat meningkat.

Pada saat memasuki area pembelian tiket, sudah disambut ramah oleh petugas. Terdapat beberapa Ruang khusus untuk edukasi, tempat duduk, dan perlengkapan yang tersedia untuk memudahkan pengunjung. Terdapat juga papan informasi guna untuk Menjelaskan bagaimana informasi tentang setiap spesies disampaikan, termasuk fakta menarik dan status konservasi hewan. Wahana Edukasi dan Rekreasi seperti : Animal edutainment, kids zoo, wisata perahu, tunggang unta dan gajah. Di kebun binatang Surabaya sendiri ada program edukasi seperti pertunjukan atau interaksi langsung dengan satwa. Program edukasi ini dirancang untuk meningkatkan pengalaman belajar pengunjung dan menanamkan kesadaran lingkungan, khususnya di kalangan anak-anak dan pelajar yang diharapkan akan menjadi generasi penerus dalam menjaga kelestarian alam.

Tur panduan atau pemandu akan menjelaskan tentang hewan dan lingkungan kebun binatang secara mendalam. Saya sempat berinteraksi dengan pemandu, mereka memberikan informasi dengan mendetail ramah dan excited. Kesan saya saat di KBS sendiri merasa nyaman dan aman, koleksi hewannya pun lengkap dan lucu lucu. Sejauh ini saya tidak menemukan kekurangan yang ada di KBS. Namun, mungkin masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki seperti Perbaikan kandang satwa dan habitat yang lebih baik untuk kesejahteraan satwa, Peningkatan fasilitas seperti jalan, sanitasi, dan tempat penjernihan air, Meningkatkan interaksi dan responsivitas staf terhadap pengunjung Perbaikan di area ini dapat meningkatkan pengalaman pengunjung dan menarik lebih banyak pengunjung ke KBS. KBS sendiri bisa memberi contoh kepada kebun binatang lain yang kurang dalam hal pelayanan.

Pelayanan yang baik di kebun binatang sangat penting karena menciptakan pengalaman yang positif bagi pengunjung, memperkuat misi edukatif, dan mendukung program konservasi yang dilakukan. Kebun binatang yang menyediakan layanan berkualitas, seperti informasi yang akurat tentang satwa, fasilitas yang bersih, serta panduan interaktif, dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran pengunjung terhadap isu lingkungan dan konservasi. Pengalaman pengunjung yang berkesan dan edukatif juga mendorong mereka untuk berperan aktif dalam konservasi satwa. Pelayanan yang baik berfokus pada penyampaian informasi yang edukatif, misalnya melalui papan informasi yang jelas dan program interaksi satwa yang mendidik. Ketika pengunjung memahami lebih dalam tentang satwa dan habitat mereka, mereka lebih cenderung untuk peduli dan terlibat dalam kegiatan pelestarian. Dengan memberikan pelayanan berkualitas yang berfokus pada interaksi positif dan pengalaman mendalam, kebun binatang dapat mendorong pengunjung untuk mendukung program konservasi. Misalnya, ketika pengunjung merasa puas dengan pengalaman yang mereka dapatkan, mereka lebih mungkin untuk berkontribusi melalui donasi, adopsi satwa, atau berpartisipasi dalam kampanye konservasi yang diadakan oleh kebun binatang. Dengan pelayanan yang baik, kebun binatang bisa lebih sukses dalam mencapai tujuan edukasi dan konservasi, yang berperan penting dalam melindungi keanekaragaman hayati di seluruh dunia.

Referensi :

Smith, A., & Jones, M., "The Role of Zoos in Education and Conservation," Environmental Education Research, 2021.

Kebun Binatang Surabaya. (n.d.). Situs Resmi Kebun Binatang Surabaya. Diakses pada 7 November 2024, dari https://www.surabayazoo.co.id

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun