Mohon tunggu...
Syah Zehan Zakiyyatun Nafisah
Syah Zehan Zakiyyatun Nafisah Mohon Tunggu... Mahasiswa - UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Saya Mahasiswi Semester 5. Saya adalah individu yang penuh semangat dan terbuka untuk mengeksplorasi hal-hal baru. Saya memiliki minat yang luas dalam berbagai topik, mulai dari ilmu pengetahuan dan teknologi hingga seni dan budaya. Saya suka tantangan dan selalu mencari cara untuk belajar dan berkembang. Saya percaya pada pentingnya kolaborasi dan komunikasi yang efektif dalam mencapai tujuan. Dalam kehidupan sehari-hari, saya cenderung menjadi orang yang tekun dan berdedikasi terhadap pekerjaan atau proyek yang sedang saya kerjakan. Saya juga sangat menghargai nilai-nilai seperti integritas, kerendahan hati, dan empati dalam hubungan dengan orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Perencanaan Pengelolaan Peserta Didik di Sekolah Islam Terpadu

13 November 2024   22:47 Diperbarui: 13 November 2024   22:51 36
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Oleh Syah Zehan ZN

Mahasiswi Semester 5 Jurusan Manajemen Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Perencanaan pengelolaan peserta didik di Sekolah Islam Terpadu melibatkan tahapan sistematis guna menciptakan lingkungan belajar yang optimal. Proses ini mencakup penerimaan siswa baru yang adil dan transparan, penilaian kebutuhan siswa, serta perencanaan program pengembangan pribadi dan akademik. Pendekatan holistik ini mengintegrasikan nilai-nilai Islam dengan pendidikan umum untuk membentuk karakter mulia dan kemampuan akademik. Pengelolaan ini juga menekankan komunikasi efektif antara sekolah, orang tua, dan siswa, serta monitoring yang kontinu untuk memastikan tercapainya potensi penuh peserta didik sesuai dengan visi pendidikan Islam.

Perencanaan pengelolaan peserta didik adalah langkah awal dalam manajemen peserta didik. Kegiatan ini melibatkan pemikiran dan persiapan awal terkait pengelolaan peserta didik, mulai dari proses pendaftaran hingga kelulusan. Dalam perencanaan penerimaan peserta didik, analisis kebutuhan menjadi bagian penting. Beberapa langkah dalam perencanaan tersebut meliputi Merencanakan Jumlah Peserta Didik yang Akan Diterima.

Penentuan jumlah peserta didik tergantung pada kapasitas kelas dan rasio guru-murid. Idealnya, satu kelas besar berisi 40-50 siswa, sementara kelas kecil berisi 25-30 siswa. Rasio guru dan murid yang ideal adalah 1:30 dan Menyusun Program Kegiatan Kesiswaan
Program kesiswaan perlu disusun dengan mempertimbangkan visi dan misi sekolah, minat serta bakat peserta didik, sarana dan prasarana, anggaran, serta tenaga kependidikan yang tersedia. Dalam konteks Sekolah Islam Terpadu (SIT), model seperti Tahfizh Wadi Mubarak dapat diadopsi. Perencanaan kuota peserta didik terkait dengan empat aspek: potensi lulusan Madin, dinamika pengembangan program, ketersediaan fasilitas, dan kemampuan pembiayaan operasional.

Penerimaan peserta didik merupakan proses penyeleksian calon siswa untuk bergabung di sekolah/madrasah. Langkah-langkah penerimaan meliputi Persiapan, Seleksi Penerimaan, Pengumuman Hasil Seleksi dan Setelah seleksi, hasil diumumkan dan calon yang diterima harus melakukan pendaftaran ulang serta melengkapi dokumen administratif untuk pendataan.

Orientasi bertujuan memperkenalkan peserta didik pada lingkungan sekolah/madrasah, baik fisik maupun sosial, guna mempersiapkan mereka secara mental, fisik, dan emosional. Fungsi orientasi meliputi Sebagai sarana untuk membantu peserta didik memahami lingkungan baru dan memanfaatkan layanan sekolah dan Sebagai media bagi peserta didik senior untuk mengenal penerusnya dalam organisasi siswa. Penempatan siswa dalam kelas didasarkan pada kesamaan (fungsi integrasi) atau perbedaan individu (fungsi perbedaan). Integrasi memfasilitasi pembelajaran klasikal, sementara perbedaan mendukung pembelajaran individual. Kegiatan ini dilakukan sesuai ketentuan sekolah/madrasah. Pencatatan dilakukan sejak siswa diterima hingga mereka lulus. Tujuannya adalah mempermudah bimbingan optimal. Pelaporan dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab lembaga, didukung oleh administrasi seperti Buku Induk Siswa dan Buku Administrasi Kesiswaan Lainnya. Madrasah juga perlu dilengkapi dengan formulir pendaftaran, daftar calon siswa, kontrol buku induk, klapper siswa, buku mutasi, dan buku penyerahan STTB, yang harus dirawat dengan baik sebagai arsip penting.

Kesimpulannya, perencanaan pengelolaan peserta didik di Sekolah Islam Terpadu mencakup langkah-langkah sistematis mulai dari penerimaan hingga kelulusan siswa. Proses ini melibatkan analisis kebutuhan, perencanaan jumlah siswa yang sesuai dengan kapasitas, program kesiswaan yang mendukung visi sekolah, dan penerimaan siswa melalui seleksi ketat. Orientasi dilakukan untuk memperkenalkan siswa pada lingkungan baru, diikuti dengan penempatan siswa secara tepat untuk mendukung pembelajaran. Pencatatan administrasi siswa secara rinci penting untuk pendataan dan bimbingan optimal, didukung buku induk dan dokumen lainnya. Semua langkah bertujuan memaksimalkan potensi siswa sesuai nilai Islam.

*) Tulisan ini disarikan dari Bahan Ajar Mata Kuliah Sekolah Islam Terpadu Part 8 Perencanaan Pengelolaan Peserta Didik di Sekolah Islam Terpadu. Dosen Pengampu Prof. Dr. H. Ahmad Rusdiana, Drs., MM

Syah Zehan ZN. Lahir di Tanagerang, pada tanggal 15 Januari 2003, merupakan anak pertama dari pasangan Bapak Atang Sutardi dan Ibu Aan Amanah. Alamat tinggal saat ini di Jl. Persada I No.8, Cipadung Kidul, Kec. Panyileukan, Kota Bandung, Jawa Barat 40614. No. HP: 087883172356 Email: syahzeh15@gmail.com Pendidikan: MIN 4 Jakarta Selatan lulus tahun 2015, SMP IT Daarul Rahman lulus tahun 2018, SMA IT Daarul Rahman lulus tahun 2021 dan sekarang Kuliah di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Jurusan Manajemen Pendidikan Islam. Kompasiana

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun