Mohon tunggu...
Syahrul Rhamadhan
Syahrul Rhamadhan Mohon Tunggu... Akuntan - HANYA UNTUK TUGAS

Be your Self

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengalaman Mempelajari Ilmu Filsafat

1 Februari 2021   06:53 Diperbarui: 3 Februari 2021   23:02 80
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Nama               : Syahrul Rhamdhan

NIM                : 2002055007

Puja-puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan saya beribu-ribu nikmat sehingga saya Bisa mempelajari Ilmu filsafat dan logika selama satu semester ini.

Sebelum memulai, perkenalkan nama saya Syahrul Rhamadhan. Saya adalah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta program studi S1 Ekonomi Islam Semester satu akhir. Disini saya akan menceritakan pengalaman saya selama belajar Ilmu filsafat dan logika. Berbicara tentang Filsafat yang pertama kali ada dipikiran saya adalah suatu pemikiran yang benar benar bisa membuat kita berfikir keras akan hal-hal yang berkaitan dengan dunia, akan tetapi semua itu berbeda dari apa yang telah saya ekspektasikan selama ini.

Yang saya dapat dari mempelajari Ilmu filsafat dan logika adalah bagaimana cara menggunakan akal sehat kita dalam menjalani dunia bisnis dan juga urusan duniawi lainnya. Karena dari sana saya paham bahwasannya ilmu filsafat dan logika memiliki keterkaitan dengan bidang perekonomian dan juga perbisnisan.

Sangat banyak sekali bab serta materi dalam Ilmu filsafat, dan saya masih merasa kurang atau belum puas dengan apa yang saya dapat dari mempelajari Ilmu filsafat ini entah karena saya belum mengamalkannya atau masih ada rasa penasaran dengan pembahasan lainnya. Namun, semakin saya merasa kurang semakin banyak sekali yang ingin pelajari dari Ilmu filsafat ini lebih dalam.

Saya adalah tipikal orang yang lebih suka terjun ke lapangan langsung ketibang harus mempelajari materi, akan tetapi saya berfikir bahwa jika kita tetap terus ada di zona nyaman, kapan kita harus meraih kesuksesan? Meskipun saya belum terlalu memahami seluruh materi dalam ilmu filsafat ini, saya merasa bahwa Ilmu filsafat juga mengajarkan kita bagaimana cara beretika dengan baik dan benar.

Setelah memahaminya Ilmu filsafat sedikit membantu kita dalam mempraktikan kebaikan dalam keseharian, karena saya menangkap bahwa ilmu filsafat juga ilmu terapan yang dapat mempengaruhi lingkungan sekitar dan keterkaitan dengan ilmu sosial.

Mungkin hanya ini yang dapat Saya ceritakan, semoga kalian yang membaca artikel ini bisa tambah bersemangat dalam mempelajari ilmu filsafat,

Wassalamu'alaikum wr.wb

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun