Kemajuan suatu bangsa sebagian besar ditentukan oleh pelayanan publik yang inovatif dan efektif. Teknologi menjadi faktor utama bagaimana masyarakat berinteraksi dengan layanan publik di era digital. Hal ini juga membuka kemungkinan-kemungkinan baru untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan publik. Selain berinvestasi lebih banyak pada sumber daya manusia dan infrastruktur teknologi, pemerintah harus menumbuhkan budaya inovatif dalam pelayanan publik.
Menerapkan ide desain yang berorientasi pada pengguna dan memperluas penggunaan teknologi dalam layanan publik ke industri lain juga merupakan hal yang penting.Â
Selain itu, pemerintah harus lebih melibatkan masyarakat dalam penciptaan dan penerapan teknologi dalam pelayanan publik. Dan juga, konsep akuntabilitas, keterbukaan, dan nondiskriminasi dalam pelayanan publik sangat penting untuk menciptakan pelayanan publik yang berkualitas di era digital.Â
Untuk mengatasi hambatan dan memberikan layanan publik yang lebih baik, pemerintah harus berdedikasi untuk meningkatkan keterlibatan dan kepercayaan publik di samping kualitas dan efisiensi layanan publik. Selain itu, pemerintah harus meningkatkan pengawasan dan penilaian terhadap efektivitas pelayanan publik.
Pemerintah juga dapat mengidentifikasi permasalahan dan tantangan dalam memberikan layanan publik dan memastikan bahwa layanan tersebut memenuhi standar dan kebutuhan masyarakat melalui pemantauan dan evaluasi yang tepat. Melalui inisiatif-inisiatif ini, diharapkan Indonesia dapat menawarkan layanan publik yang lebih baik, lebih inventif, dan efisien, meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dan meningkatkan standar hidup masyarakat Indonesia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H