Mohon tunggu...
Syahrul NurRizky
Syahrul NurRizky Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Perbanyak syukur :-)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penggunaan Digital Marketing di Tengah Pandemi

27 Januari 2021   13:15 Diperbarui: 27 Januari 2021   13:18 145
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perkembangan zaman yang semakin maju dan berkembang juga diikuti oleh perkembangan teknologi yang semakin canggih, tentunya berdampak pada berbagai bidang salah satunya berdampak pada aspek pemasaran. Pada persaingan yang semakin ketat setiap usaha tentunya harus dapat memanfaatkan perkembangan teknologi dalam menjalankan usahanya dengan baik.  Banyak trobosan maupun inovasi  yang dilakukan pada perkembangan teknologi yang semakin canggih, pengunaan pemasaran digital. Pemasaran digital ini lebih praktis dan lebih memudahkan dalam proses berbelanja karena cukup dari rumah seseorang bisa berbelanja. Perlu disadari bahwa konsep pemasaran digital  bagi konsumen adalah memberikan kemudahan karena mudah dijangkau dimanapun berada, selain itu memberikan harga yang kompepetitif pelayanan sosial media yang ramah dan lain sebagainya. Maka dari sini pelaku usaha harus bisa memperhatikan dengan betul bahwa bukan hanya berjualan online akan tetapi nilai-nilai yang terkandung didalamnya harus tetap ada agar tidak tertinggal dengan yang lain maupun ditinggal oleh para konsumen.

Kebiasaan konsumen yang menginginkan kemudahan diberbagai hal, ditambah pada masa pandemi orang-orang yang harus membatasi diri agar tidak sering keluar rumah dan menjaga jarak, agar pemutusan virus corona-19 dapat teratasi. Virus corona merupakan virus yang menular, dimana masuknya virus ini ke Indonesia sangat meresahkan dan merugikan banyak pihak, meski masa pandemi tetap harus produktif agar perekonomian tetap berjalan dan tetap berpenghasilan, memutar otak untuk mencitptakan maupun menerapkan berbagai strategi untuk memasarkan produk kita. Akhir ini penggunaan media juga berubah drastis sehingga mendorong para produsen atau pemasar untuk membuat strategi dan menciptakan inovasi maupun trobosan-trobosan guna menemukan saluran alternatif untuk menarik konsumen.

Usaha dalam menarik konsumen ada hal penting yang membedakan lingkungan pemasaran digital dengan tradisional adalah kemudahan-kemudahan yang diberikan kepada konsumen. Kemudahan tersebut bisa berupa informasi dari mulut ke mulut maupun informasi yang diberikan lewat sosial media, dalam pemasaran digital ini pelanggan maupun konsumen baru dapat melihat ulasan produk yang dibagikan sehingga akan ada ketertarikan untuk membeli produk tersebut, baik secara kualkitas produk maupun pelayanan yang diberikan. Dari pemasaran digital maupun tradisional tentunya sama-sama memiliki kekurangan maupun kelebihan masing-masing, salah satu kelebihannya yang mudah dijangkau dan lebih efisien tentunya karena saat belanja tidak perlu harus ribet keluar rumah untuk membeli berbagai produk yang diinginkan sedangkan kekurangannya tentunya adanya persaingan yang ketat dan jangkauan yang lebih luas sehingga jika tidak mempunyai strategi yang tepat dalam menarik konsumen maka akan tertinggal oleh yang lain.

Digital marketing menjadi suatu pemasaran yang memberikan perubahan dengan cepat sekaligus mempunyai daya tarik tersendiri dengan berbagai kelebihannya yang serba memudahkan. Beberapa kelebihan pemasaran digital menurut (Morrisan, 2010) :

  • Dapat menyasar konsumen lebih khusus sesuai target yang diinginkan.
  • Target lebih terarah.
  • Kemampuan internet yang interaktif dapat membuat pengguna internet lebih terlibat dengan produk-produk yang ditawarkan kepada konsumen dengan digital marketing.
  • Konten di web dapat dirancang sedemikian rupa dan semenarik mungkin sehingga meningkatkan persepsi konsumen yang semakin baik akan produk-produk yang ditawarkan nantinya.
  • Jangkauan yang lebih luas maupun biaya promosi yang lebih rendah.

Dari berbagai kemudahan yang ditawarkan atau didapat dari digital mareting tentunya akan sangat membantu dalam strategi pemasaran produk dimasa pandemi saat ini, baik bagi pemasar maupun konsumen kedua belah pihak tentunya sangat diuntungkan, pihak pemasar diuntungkan dengan jangkauan yang luas sekaligus target sasarah dapat lebih terarah dan bagi konsumen sangat dimudahkan karena bisa belanja dari mana saja dan bisa melihat riview atau pendapat orang lain akan produk yang ditawarkan tersebut sehingga bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk membeli produk tersebut.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun