Bandung- Tahun ini menjadi tahun yang sangat sulit untuk dijalani karena ekonomi dunia sedang diguncang dengan berbagai masalah salah satunya covid 19 yang telah melumpuhkan berbagai perekonomian. Indonesia menjadi salah satu negara yang mendapatkan dampak besar dari lumpuhnya ekonomi dunia, pemerintah telah melakukan berbagai cara agar perekonomian di Indonesia tetap stabil. Mahasiswa Univerasitas Pendidikan Indonesia menjadi salah satu kampus yang ikut berkontribusi dalam pengupayaan dalam memulihkan ekonomi di Indonesia dengan membantu masyarakat menghadapi krisis ekonomi melalui  kegiatan kuliah kerja nyata tematik bertema "pemberdayaan masyarakat berbasis SDG'S desa dan MBKM".
  Kelompok 91 merupakan kelompok KKN yang mendapatkan tugas dari kampus untuk melakukan pengabdian terhadap masyarakat yang membutuhkan bantuan dengan tema "desa pertumbuhan  ekonomi merata" dengan mengambil sub-tema "GNI dan PDB Desa rata-rata Desa Lamajang" dimana melalui tema tersebut kami selaku mahasiswa dapat memulihkan ekonomi yang berada di desa Lamajang.  langkah pertama yang kami lakukan saat melakukan kuliah kerja nyata yaitu bertemu dengan kepala desa lamajang untuk menanyakan kondisi desa tersebut. saat kami bertanya mengenai kondisi desa tersebut kami mendapatkan banyak informasi yang cukup mengejutkan. Di sektor industri pakaian terdapat banyak pekerja yang memilih merantau ke tempat jauh demi memiliki sebuah pekerjaan. Prisma Mekar Abadi merupakan industri konveksi di desa Lamajang yang mampu bersaing di pasar modern.Â
Prisma Mekar Abadi adalah salah satu perusahaan di desa Lamajang yang menyumbang PDB yang cukup besar di industri pakain.banyak sekali merek-merek terkenal yang bekerjasama dengan Prisma Mekar Abadi untuk memproduksi barang di perusahaan ini seperti cool kids, 3second, atomic kids, cool baby, dan masih banyak lagi. namun sayang. para pekerja yang sudah di keterampilan lebih memilih bekerja di pabrik lain ketibang di desanya sendiri karena pendapatanya yang masih minim. setelah melakukan wawancara dengan pemilik perusahaan di desa Lamajang kami menawarkan sebuah solusi dengan cara mempromosi produk mereka melalui video promosi di diunggah ke media sosial agar bisa meningkatkan penjualan sehingga PDB desa semakin meningkat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H