"Belajar bukan hanya tentang pengetahuan, tapi juga tentang kemampuan untuk berpikir dan bekerja sama secara efektif dengan orang lain."
Tulisan ketiga dari lima tulisan seri "Pembelajaran Berbasis HOTS"
Pembelajaran yang efektif dan efisien adalah tujuan utama dalam dunia pendidikan. Pembelajaran berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) dapat menjadi salah satu strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir tingkat tinggi dan kritis. Salah satu cara untuk menerapkan pembelajaran berbasis HOTS adalah dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkolaborasi dalam menyelesaikan tugas.
Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai langkah-langkah yang dapat diambil oleh seorang guru dalam menerapkan strategi pembelajaran berbasis HOTS melalui pemberian kesempatan kepada siswa untuk berkolaborasi dalam menyelesaikan tugas.
1. Menentukan Tujuan Pembelajaran
Langkah pertama dalam menerapkan strategi pembelajaran berbasis HOTS melalui pemberian kesempatan kepada siswa untuk berkolaborasi dalam menyelesaikan tugas adalah menentukan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Tujuan pembelajaran harus terkait dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi, seperti analisis, evaluasi, dan kreasi. Tujuan pembelajaran juga harus jelas dan dapat diukur sehingga siswa dapat memahami tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dan mengetahui kriteria keberhasilan dalam menyelesaikan tugas.
2. Memilih Tugas yang Sesuai
Langkah kedua adalah memilih tugas yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Tugas harus menantang siswa untuk menggunakan kemampuan berpikir tingkat tinggi, seperti analisis, evaluasi, dan kreasi. Tugas juga harus relevan dengan kehidupan sehari-hari dan dapat memotivasi siswa untuk belajar. Selain itu, guru juga harus memastikan bahwa tugas yang diberikan dapat diselesaikan dalam waktu yang cukup agar siswa tidak merasa terbebani.
3. Memberikan Instruksi yang Jelas