Mohon tunggu...
Syahrial
Syahrial Mohon Tunggu... Guru - Guru Madya

Belajar dari menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mendorong Kepemilikan Siswa terhadap Pembelajaran dengan Hasil Penelitian Guru

1 Mei 2023   09:00 Diperbarui: 1 Mei 2023   13:48 268
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi guru peneliti. Sumber foto: stock foto Canva 

"Ketika kamu mencintai belajar, kamu akan menemukan keindahan dalam prosesnya." - Tulisan keempat dari lima tulisan seri Guru Peneliti 

Hasil penelitian guru dapat menjadi alat yang sangat berguna dalam meningkatkan motivasi siswa di kelas. Hal ini karena hasil penelitian dapat membantu guru menemukan cara baru untuk menyajikan materi pembelajaran yang lebih menarik dan menantang bagi siswa. 

Di samping itu, hasil penelitian juga dapat membantu guru menunjukkan kepada siswa relevansi materi pembelajaran dalam kehidupan mereka sehari-hari, mendorong rasa kepemilikan siswa terhadap pembelajaran, meningkatkan percaya diri siswa, dan membuat siswa merasa dihargai.

Pertama-tama, hasil penelitian dapat membantu guru dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih menarik. Dengan memanfaatkan hasil penelitian, guru dapat menemukan pendekatan pembelajaran baru yang lebih menarik bagi siswa. 

Misalnya, hasil penelitian tentang keefektifan gamifikasi dalam pembelajaran dapat membantu guru menemukan cara untuk mengintegrasikan elemen game ke dalam pembelajaran, yang dapat membuat siswa lebih terlibat dan termotivasi untuk belajar.

Selain itu, hasil penelitian juga dapat membantu guru menunjukkan kepada siswa relevansi materi pembelajaran dalam kehidupan mereka sehari-hari. Dengan menggunakan hasil penelitian, guru dapat membantu siswa mengaitkan materi pembelajaran dengan situasi dunia nyata, sehingga membuat mereka lebih termotivasi untuk belajar. 

Misalnya, hasil penelitian tentang keefektifan penggunaan pembelajaran berbasis proyek dapat membantu guru menunjukkan kepada siswa bagaimana pembelajaran berbasis proyek dapat membantu mereka mengembangkan keterampilan yang dapat berguna dalam karir mereka di masa depan.

Selanjutnya, hasil penelitian juga dapat membantu guru dalam mendorong rasa kepemilikan siswa terhadap pembelajaran. Dengan memanfaatkan hasil penelitian, guru dapat membantu siswa merasa lebih memiliki terhadap pembelajaran mereka. Misalnya, hasil penelitian tentang penggunaan peer assessment dalam pembelajaran dapat membantu guru mengajarkan siswa bagaimana memberikan umpan balik konstruktif dan bekerja sama dengan rekan mereka untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan.

Selain itu, hasil penelitian juga dapat membantu guru meningkatkan percaya diri siswa. Dengan menggunakan hasil penelitian, guru dapat membantu siswa memahami dan mengatasi kesulitan dalam pembelajaran. Misalnya, hasil penelitian tentang penggunaan teknologi pembelajaran dapat membantu guru menunjukkan kepada siswa bagaimana teknologi dapat membantu mereka mempelajari materi dengan lebih mudah dan efektif.

Terakhir, pengakuan dan pemanfaatan hasil penelitian guru dalam pembelajaran juga dapat membuat siswa merasa dihargai. Dengan menghargai hasil penelitian guru, siswa dapat merasa bahwa guru mereka mengambil waktu dan upaya untuk meningkatkan pengajaran mereka. Hal ini dapat membuat siswa merasa lebih termotivasi dan bersemangat untuk belajar. Misalnya, guru dapat meminta siswa untuk membahas hasil penelitian dalam kelas dan meminta pendapat mereka tentang cara pengajaran yang baru.

Secara keseluruhan, hasil penelitian guru dapat berdampak positif pada motivasi siswa dalam pembelajaran. Namun, perlu diingat bahwa setiap siswa memiliki kebutuhan dan preferensi belajar yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk tidak hanya mengandalkan hasil penelitian, tetapi juga melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dan memperhatikan setiap kebutuhan individu siswa.

Selain itu, penggunaan hasil penelitian juga harus disesuaikan dengan konteks dan situasi pembelajaran yang ada. Tidak semua hasil penelitian dapat diterapkan dengan sempurna pada setiap situasi pembelajaran. Oleh karena itu, guru perlu memilih hasil penelitian yang paling relevan dan sesuai dengan situasi pembelajaran mereka, serta memperhatikan umpan balik dari siswa untuk mengevaluasi efektivitas pendekatan pembelajaran yang digunakan.

Kesimpulannya, hasil penelitian guru dapat menjadi alat yang sangat berguna untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran. Namun, penggunaan hasil penelitian tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi belajar siswa, serta konteks dan situasi pembelajaran yang ada. 

Dengan menggunakan hasil penelitian secara tepat dan efektif, guru dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih menarik, relevan, dan bermakna bagi siswa, yang dapat memotivasi mereka untuk belajar dengan lebih giat dan mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun