Modality dalam Proposal Bisnis Orom Coffee
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menyusun sebuah Diskursus yang menganalisis Modality dalam sebuah proposal bisnis Orom Coffee. Pendekatan yang digunakan dalam analisis adalah pemikiran Anthony Giddens mengenai Modality yang merupakan konsep penting dalam memahami perilaku sosial dan dinamika bisnis. Diskursus ini akan menjelaskan pengertian Modality menurut Giddens, serta bagaimana konsep tersebut dapat di terapkan dalam merancang sebuah proposal bisnis Orom Coffee.
Pendahuluan
Kopi merupakan sebuah minuman yang digemari oleh berbagai kalangan masyarakat dunia, termasuk kopi asli Indonesia. Kopi Indonesia memiliki aroma, ciri khas, dan cita rasa yang beraneka ragam di setiap daerahnya, karena itu kualitas kopi asli Indonesia sendiri mampu diakui berkualitas oleh dunia. Cita rasa yang berbeda pada setiap biji kopi yang di hasilkan dari setiap daerah di Indonesia membuat para penikmat kopi memiliki banyak pilihan rasa untuk dapat menikmati kopi pilihannya.
Dalam beberapa tahun terakhir hingga saat ini, bisnis coffee shop merupakan bisnis yang sedang tren di Indonesia. Hal ini menjadi alasan situasi dan kondisi persaingan yang ketat bagi para pemilik usaha coffee shop. Pemilik usaha harus mampu mengikuti perkembangan pasar dengan memperhatikan peluang dan tantangan yang ada. Penyusunan rencana bisnis diperlukan agar dapat membantu pelaku usaha coffee shop untuk mengembangkan bisnisnya.
Rencana bisnis merupakan salah satu langkah penting dalam berwirausaha dan menjadi semakin relevan jika dikaitkan dengan orientasi waktu pencapaian keberhasilan. Hal ini dikarenakan fungsi dari rencana bisnis yang dapat menuntun pemilik usaha mempertajam arah dan tujuan perusahaan serta upaya pencapaiannya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu pemilik usaha menyusun rencana bisnis yang komprehensif dan informatif sehingga mudah dimengerti dan dipercaya oleh berbagai pihak.
Dan untuk memulai bisnis kopi anda perlu membuat proposal bisnis yang berkonsepkan Modality yang di kemukakan oleh Anthony Giddens. Konsep ini dapat menjadi landasan penting untuk proposal bisnis anda. Giddens adalah seorang sosiolog terkemuka yang telah banyak memberikan sumbangsih dalam memahami perubahan sosial dan dinamika bisnis di era modern. Menurut Giddens Modality merujuk pada keterkaitan antara status sosial dari tindakan individu yang saling mempengaruhi dan membentuk satu sama lain.
Pengertian Modality menurut Anthony Giddens
Modality adalah konsep kunci dalam pemikiran Anthony Giddens tentang struktur sosial. Anthony berpendapat bahwa struktur sosial tidak hanya membatasi tindakan individu, tetapi juga memberi ruang bagi individu untuk mengubah dan membentuk struktur tersebut melalui tindakan mereka. Modality melibatkan interaksi antara agen (individu) dan struktur (lingkungan sosial) dalam membentuk perilaku dan pola-pola sosial.