Mohon tunggu...
Syahrani KemalaFitriansyah
Syahrani KemalaFitriansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Mercu Buana

Mata Kuliah : Kewirausahaan I Dosen : Prof. Dr. Apollo, Ak., M.Si. NIM : 46122110029 Program Studi S1 Psikologi Reguler 2

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Modality dalam Proposal Bisnis Orom Coffee

16 Juni 2023   00:20 Diperbarui: 16 Juni 2023   00:34 191
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Modality dalam Proposal Bisnis Orom Coffee

Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun sebuah Diskursus yang menganalisis Modality dalam sebuah proposal bisnis Orom Coffee. Pendekatan yang digunakan dalam analisis adalah pemikiran Anthony Giddens mengenai Modality yang merupakan konsep penting dalam memahami perilaku sosial dan dinamika bisnis. Diskursus ini akan menjelaskan pengertian Modality menurut Giddens, serta bagaimana konsep tersebut dapat di terapkan dalam merancang sebuah proposal bisnis Orom Coffee. 

Pendahuluan

Kopi merupakan sebuah minuman yang digemari oleh berbagai kalangan masyarakat dunia, termasuk kopi asli Indonesia. Kopi Indonesia memiliki aroma, ciri khas, dan cita rasa yang beraneka ragam di setiap daerahnya, karena itu kualitas kopi asli Indonesia sendiri mampu diakui berkualitas oleh dunia. Cita rasa yang berbeda pada setiap biji kopi yang di hasilkan dari setiap daerah di Indonesia membuat para penikmat kopi memiliki banyak pilihan rasa untuk dapat menikmati kopi pilihannya. 

Dalam beberapa tahun terakhir hingga saat ini, bisnis coffee shop merupakan bisnis yang sedang tren di  Indonesia. Hal ini menjadi alasan  situasi  dan  kondisi  persaingan  yang  ketat  bagi  para  pemilik usaha coffee   shop.   Pemilik  usaha harus mampu mengikuti   perkembangan pasar dengan memperhatikan peluang dan tantangan yang ada. Penyusunan rencana bisnis diperlukan agar dapat membantu pelaku usaha coffee shop untuk mengembangkan bisnisnya. 

Rencana bisnis merupakan salah satu langkah penting dalam berwirausaha dan menjadi semakin relevan jika dikaitkan dengan orientasi waktu pencapaian keberhasilan. Hal ini dikarenakan fungsi dari rencana bisnis yang dapat menuntun  pemilik  usaha  mempertajam  arah  dan  tujuan perusahaan  serta  upaya  pencapaiannya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu pemilik usaha menyusun rencana bisnis yang komprehensif dan informatif sehingga mudah dimengerti dan dipercaya oleh berbagai pihak.

Dan untuk memulai bisnis kopi anda perlu membuat proposal bisnis yang berkonsepkan Modality yang di kemukakan oleh Anthony Giddens. Konsep ini dapat menjadi landasan penting untuk proposal bisnis anda. Giddens adalah seorang sosiolog terkemuka yang telah banyak memberikan sumbangsih dalam memahami perubahan sosial dan dinamika bisnis di era modern. Menurut Giddens Modality merujuk pada keterkaitan antara status sosial dari tindakan individu yang saling mempengaruhi dan membentuk satu sama lain. 

Pengertian Modality menurut Anthony Giddens

Modality adalah konsep kunci dalam pemikiran Anthony Giddens tentang struktur sosial. Anthony berpendapat bahwa struktur sosial tidak hanya membatasi tindakan individu, tetapi juga memberi ruang bagi individu untuk mengubah dan membentuk struktur tersebut melalui tindakan mereka. Modality melibatkan interaksi antara agen (individu) dan struktur (lingkungan sosial) dalam membentuk perilaku dan pola-pola sosial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun