Mohon tunggu...
syahla Fitriyanti
syahla Fitriyanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

seorang mahasiswa komunikasi digital dan media, IPB University

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Bagaimana Algoritma Tiktok Mempengaruhi Minat Konsumen dalam Berbelanja di TiktokShop

27 September 2024   11:21 Diperbarui: 27 September 2024   11:25 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Aplikasi TikTok adalah sebuah platform media sosial dan platform video musik yang memungkinkan pengguna untuk membuat, mengedit, dan berbagi klip video pendek yang disertai dengan filter dan musik sebagai latar belakang video. TikTok berasal dari Tiongkok dan diluncurkan pada bulan September tahun 2016 oleh Zhang Yiming, pendiri ByteDance. Tiktok Awalnya dikenal sebagai Douyin di Tiongkok, kemudian diubah menjadi TikTok untuk pasar internasional. Algoritma TikTok adalah sistem yang digunakan untuk menampilkan konten yang paling relevan bagi setiap pengguna. Pada umumnya algoritma tiktok diambil dari data pengguna dan nantinya akan di tampilkan di for you page tiktok, Maka dari itu isi tiktok sangat relevan dengan minat dari setiap penggunanya. TikTok Shop sendiri adalah sebuah fitur e-commerce yang terintegrasi  memungkinkan penjual untuk mempromosikan dan menjual produk langsung kepada konsumen melalui fitur video dan live streaming tiktok, hal ini bisa menarik konsumen untuk berbelanja lewat tiktokshop sebab dapat berinteraksi langsung dengan penjual melalui live streaming tiktokshop. Maka dari itu algoritma tiktok dapat
menarik minat konsumen untuk berbelanja di tiktokshop karna sesuaidengan interaksi dan prefrensi dari pengguna tiktok.

Algoritma TikTok menggunakan interaksi pengguna sebagai faktor penentu utama.Aktivitas seperti jenis video yang disukai, akun yang diikuti, komentar yang diposting, dan jenis konten yang dibuat semua dipertimbangkan untuk merekomendasikan konten yang relevan dengan pengguna. Interaksi pengguna aplikasi tiktok dan fitur for you page sangat berkesinambungan, sebab biasanya fitur for you page yang ditampilkan di Tiktok selalu berdasarkan interaksi,informasi dan preferensi pengguna. Sehingga isi dari FYP Tiktok dapat sesuai dengan minat pengguna, selain itu isi FYP tiktok juga bisa digunakan sebagai media promosi suatu barang.

Tiktok sendiri sekarang bekerja sama dengan Tokopedia dalam hal penjualan barang, konten penjualan yang paling berpengaruh di tiktok biasanya dalam bentuk video pendek atau video promosi yang dilakukan oleh para influencer atau artis karena bisa meningkatkan penjualan. Algoritma TikTok menggunakan interaksi pengguna sebagai faktor penentu utama. Aktivitas seperti jenis video yang disukai, kun yang diikuti, komentar yang diposting, dan jenis konten yang dibuat semua dipertimbangkan untuk merekomendasikan konten yang relevan sehingga produk yang disukai dapat terus bermunculan dan meningkatkan konsumen untuk langsung berbelanja dengan menekan salah satu fitur Tiktok yaitu keranjang kuning.

Biasanya para influencer ataupun artis yang sedang mempromosikan produk dala bentuk video ataupun livestreaming, akan selalu mencantumkan keranjang kuning yang dapat mempermudah pengguna agar dapat langsung membeli barang-barang yang diinginkan, konten-konten yang ditampilkan pun beragam dan tentunya kreatif sehingga bentuk promosi yang ditampilkan melalui for you page tiktok pun berbeda-beda, sesuai dengan interaksi dan minat pengguna terhadap konten-konten yang di tampilkan. Video konten endorsement yang menggunakan influencer ataupun artis selalu menarik minat sebab meningkatkan kepercayaan terhadap suatu produk, selain itu Selebritis  gaya atau citra tertentu yang bisa membuat produk yang mereka dukung menjadi lebih "keren" atau stylish di mata para konsumen. Maka dari itu pemasaran paling efektif di ranah tiktok yaitu dengan konten video pendek yang kreatif dan konten video pendek yang dilakukan oleh influencer berupa endorsement. Algoritma tiktok berpengaruh dalam hal penjualan sebab algoritma tiktok menampilkan konten atau produk yang disukai setiap pengguna berdasarkan data interaksi dan preferensi. Pada dasarnya penelitian menunjukkan bahwa rentang perhatian rata-rata telah berkurang menjadi hanya 8,25 detik, turun dari rata-
 ata 12 detik pada tahun 2000. Hal ini menunjukkan bahwa konten yang cepat dikonsumsi lebih sesuai dengan kemampuan audiens.

Video pendek sangat cocok untuk rentang waktu ini, yang memungkinkan pemirsa menyerap onten tanpa membuang waktu atau konsentrasi. Sehingga promosi produk dalam bentuk video pendek seperti konten yang sering bermunculan di tiktok dapat terbilang efektif dalam meningkatkan minat konsumen untuk berbelanja di tiktokshop sebab, konten yang ditampilkan menampilkan review dari barang tersebut. Selain itu, endorsement produk oleh selebritas atau influencer memiliki dampak yang berpengaruh terhadap minat konsumen.

Ketika tokoh terkenal merekomendasikan sebuah produk, hal ini meningkatkan kepercayaan konsumen karena mereka merasa lebih yakin dengan kualitas produk tersebut. Selain itu, endorsement juga menciptakan daya tarik tambahan yang membuat produk tampak lebih menarik dan stylish di matakonsumen. Proses ini membantu produk menjadi lebih mudah diingat saat konsumen berbelanja, sehingga meningkatkan kemungkinan pembelian.

Endorsement juga berfungsi membangun citra atau identitas tertentu di sekitar produk, yang dapat menarik konsumen yang ingin meniru gaya hidup atau preferensi tokoh  keseluruhan, strategi yang diberikan oleh algoritma tiktok efektif dalam memperluas jangkauan produk, meningkatkan kepercayaan, dan mendorong minat beli, dengan cara menampilkan konten yang relevan dengan minat penggunanya, yang pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan dan keberhasilan produk di pasar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun