Mohon tunggu...
Syahiduz Zaman
Syahiduz Zaman Mohon Tunggu... Dosen - UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Penyuka permainan bahasa, logika dan berpikir lateral, seorang dosen dan peneliti, pemerhati masalah-masalah pendidikan, juga pengamat politik.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Jangan Asal Pilih Influencer untuk Bisnis Anda!

25 Agustus 2024   16:35 Diperbarui: 25 Agustus 2024   16:41 76
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemasaran melalui influencer. (Sumber: Freepik.com)

Saat ini, pemasaran melalui influencer telah menjadi salah satu strategi yang dominan bagi berbagai merek, terutama di platform media sosial seperti Instagram. 

Namun, tidak semua kampanye pemasaran influencer berhasil, dan salah satu faktor kunci yang sering diabaikan adalah tingkat kongruensi antara influencer, produk yang dipromosikan, dan konsumen. 

Peran kongruensi dalam pemasaran influencer, terdapat beberapa poin penting yang perlu diperhatikan oleh para pelaku bisnis digital dalam merancang strategi pemasaran mereka.

Pertama, kongruensi antara influencer dan produk sangat penting dalam membentuk persepsi konsumen terhadap produk tersebut. 

Ketika konsumen melihat bahwa influencer yang mereka ikuti mempromosikan produk yang sesuai dengan citra dan gaya mereka, konsumen cenderung memiliki sikap yang lebih positif terhadap produk tersebut. 

Sebaliknya, jika ada ketidaksesuaian antara citra influencer dan produk yang dipromosikan, hal ini dapat menimbulkan disonansi kognitif pada konsumen, yang pada akhirnya dapat merusak citra produk dan mengurangi niat pembelian.

Kedua, hubungan antara influencer dan pengikutnya juga memegang peranan penting. 

Influencer yang memiliki kesesuaian nilai dan minat dengan pengikutnya cenderung lebih berhasil dalam memengaruhi perilaku konsumen. 

Konsumen yang merasa memiliki kesamaan dengan influencer akan lebih cenderung untuk mempercayai rekomendasi yang diberikan, dan hal ini dapat meningkatkan niat mereka untuk membeli atau merekomendasikan produk yang dipromosikan.

Selain itu, kongruensi antara konsumen dan produk juga merupakan faktor yang tidak bisa diabaikan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun