Mohon tunggu...
Syafira Dewi Anjani
Syafira Dewi Anjani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Negeri Semarang

I am an active student of the History Education Study Program at Semarang State University, 2021. Currently, I am actively involved in channeling student aspirations through various committees on campus, as well as participating in external activities. My expertise includes time management, collaboration, productivity applications, product development, social media marketing, and organization. I have an interest in social and educational issues, writing journal articles, video editing and photos.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Implementasi Quiz Edukasi Kahoot dalam Pembelajaran Sejarah: Inovasi Interaktif di Kelas

17 Oktober 2024   23:46 Diperbarui: 18 Oktober 2024   07:30 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sejarah adalah salah satu mata pelajaran yang sering dianggap membosankan oleh sebagian siswa. Hal ini disebabkan karena metode pengajaran yang cenderung satu arah dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Namun seiring dengan perkembangan teknologi pendidikan, berbagai platform interaktif mulai diperkenalkan ke dalam kelas, salah satunya adalah Kahoot! , platform kuis edukasi yang semakin populer digunakan oleh para pendidik untuk menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan dan dinamis.

Apa itu Kahoot?

Kahoot! adalah platform berbasis permainan yang memungkinkan guru membuat kuis interaktif dengan berbagai pertanyaan yang dapat dijawab oleh siswa melalui perangkat seluler atau komputer mereka. Kahoot! menyediakan antarmuka yang mudah dipahami, sehingga guru bisa dengan cepat membuat materi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran di kelas, termasuk untuk mata pelajaran sejarah.

Platform ini menekankan pada pembelajaran berbasis permainan yang menggabungkan elemen kompetisi dan kolaborasi. Siswa dapat menjawab pertanyaan kuis dengan cepat dan tepat, dan skor yang diperoleh akan muncul secara langsung di layar, sehingga memberikan tantangan tersendiri bagi para siswa.

Manfaat Implementasi Kahoot dalam Pembelajaran Sejarah

1. Meningkatkan Partisipasi Siswa

Pembelajaran sejarah seringkali penuh dengan fakta, tanggal, dan peristiwa yang membutuhkan daya ingat yang kuat. Dengan menggunakan Kahoot!, siswa akan lebih terlibat dalam proses belajar karena metode ini memberikan kesempatan bagi mereka untuk berpartisipasi secara aktif. Format permainan yang kompetitif juga membuat siswa lebih antusias dalam menjawab pertanyaan.

2. Mendukung Pengulangan Materi dengan Menyenangkan

Seringkali, berulang kali materi diperlukan agar siswa dapat memahami peristiwa sejarah dengan lebih baik. Dengan Kahoot!, guru dapat menyusun kuis yang berisi soal-soal yang menantang namun tetap menarik. Format permainan memungkinkan siswa untuk mengulangi pelajaran tanpa merasa bosan karena aspek hiburan yang disertakan.

3. Memfasilitasi Pembelajaran Kolaboratif

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun