Mohon tunggu...
Syafiq ANF
Syafiq ANF Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Olahraga

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Proses Pengendalian Perencanaan Sumber Daya Manusia dan Evaluasi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Garut

24 Desember 2024   11:58 Diperbarui: 24 Desember 2024   08:53 19
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Proses Pengendalian Perencanaan Sumber Daya Manusia dan evaluasi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Garut 

Penulis: Syafiq Ahmad Naji Farhan

Tulisan Ini  disarikan dari laporan Mini Riset Individu serta Modul Ajar Mata Kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan Part 3 mengenai perencanaan pendidik dan tenaga kependidikan yang diberikan oleh Prof. Dr. H. A. Rusdiana, Drs., M.M., sebagai dosen pemampu.

Pengendalian perencaan perlu diperhatikan karena akan berpengaruh terhadap pelaksaan kegiatan yang suadah direncanakan sebelumnya untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Proses pengendalian perencanaan SDM dan evaluasi yang dialakukan di MIN 2 garut, ialah sebagai berikut:

Pertama untuk mengukur keberhasilan perencanaan tenaga pendidik dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan, MIN 2 Garut melakukan penilaian terhap pendidik dan tenaga kependidan dengan hasil pencapaian siswa misalnya dari ulangan, pas, pat, asesmen, lomba lomba, dan MIN 2 Garut ini selalu mengikutsertakan peserta didik terbaik agar mengikuti lomba, hal ini dimaksudkan untuk mengukur keberhasilan guru. Sejauh mana siswa menyerap pelajaran yang disampaikan oleh guru dan sejauh mana juga guru ahli/ memiliki skil dalam menyampaikan materi kepada peseta didik. Selain itu, MIN 2 Garut sering meraih prestasi dan memiliki program bina prestasi yang mana mengumpulkan siswa-siswa terbaik dibidangnya untuk diberikan binaan tambahan dan dipersiapkan untuk mengikuti lomba. Seperti perlombaan di alkhoiriah mengikuti memenangkan olimpiade sains, darul akrom olimpiade matematika, tahfidz, mhq.

Kedua Indikator utama yang harus digunakan dalam mengevaluasi efektivitas perencanaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dengan pengukur keberhasilan guru, hasil yang didapatkan peserta didik, administrasi, pemantauannya supervise.bagimana guru membuat indicator dalam belajar, serta rencana proses pembelajarannya apabila ada yang harus dikoresi maka guru memperbaiknya Kembali, misalnya bagaimana guru membuat indicator, Bagaimana guru membuat Langkah-langkah melaksanakan pembelajaran awal, inti, akhir dan evaluasi. Selain itu dalam penggunaan media teknologi dapat dimanfaatkan untuk mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan perencanaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di MIN 2 Garut ini sudah menggunakan CCTV dalam mengawasi pelaksaan dalam lembaga madrasah.

Natizah

Pengukuran penilaian keberhasilan guru dilakukan dengan dengan hasil pencapaian peserta didik.

penggunaan media teknologi dimanfaatkan untuk mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan perencanaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun