Mohon tunggu...
Syafara Ardefya Putri
Syafara Ardefya Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pamulang

Mahasiswa di Universitas Pamulang, Prodi Pendidikan Ekonomi.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengubah Paradigma Pendidikan: Membangun Pembelajaran yang Adaptif dengan Teknologi

12 Oktober 2023   21:00 Diperbarui: 12 Oktober 2023   21:04 126
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam era digital saat ini, teknologi telah membawa perubahan yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Dalam pendidikan tradisional, siswa sering kali hanya menjadi penerima informasi yang disampaikan oleh guru. Namun, dengan adanya teknologi, paradigma ini dapat berubah. Teknologi dapat memberikan siswa akses ke berbagai sumber belajar yang beragam dan memungkinkan mereka untuk belajar secara mandiri. Selain itu, teknologi juga dapat membantu guru dalam menciptakan pengalaman belajar yang lebih personal dan adaptif.

Mengubah paradigma pendidikan melalui teknologi

1. Menyediakan akses ke informasi yang lebih luas

Salah satu manfaat utama teknologi dalam pendidikan adalah menyediakan akses ke informasi yang lebih luas. Dalam pendidikan tradisional, buku teks sering kali menjadi satu-satunya sumber informasi. Namun, dengan adanya teknologi, siswa dapat mengakses informasi dari berbagai sumber, seperti internet, video pembelajaran, dan aplikasi mobile. Hal ini memungkinkan mereka untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang materi yang dipelajari.


2. Mendorong pembelajaran mandiri

Teknologi juga mendorong siswa untuk belajar secara mandiri. Dalam pendidikan tradisional, siswa sering kali hanya menjadi penerima informasi yang disampaikan oleh guru. Namun, dengan adanya teknologi, siswa dapat belajar secara mandiri melalui berbagai platform pembelajaran online. Mereka dapat mengakses materi pembelajaran kapan saja dan di mana saja, serta belajar dengan kecepatan yang sesuai dengan kemampuan mereka sendiri.

Menciptakan pengalaman belajar yang lebih personal dan adaptif

a. Personalisasi pembelajaran

Teknologi memungkinkan guru untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih personal bagi siswa. Dengan adanya platform pembelajaran online, guru dapat menyesuaikan materi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan minat masing-masing siswa. Misalnya, guru dapat memberikan latihan tambahan kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi tertentu, atau memberikan tugas yang lebih menantang bagi siswa yang sudah mahir dalam suatu bidang.

b. Adaptif pembelajaran

Selain personalisasi pembelajaran, teknologi juga dapat membantu menciptakan pengalaman belajar yang lebih adaptif. Dalam pendidikan tradisional, siswa sering kali belajar dengan kecepatan yang ditentukan oleh guru. Namun, dengan adanya teknologi, siswa dapat belajar dengan kecepatan yang sesuai dengan kemampuan mereka sendiri. Misalnya, dalam platform pembelajaran online, siswa dapat mengikuti tes di awal untuk menentukan tingkat pemahaman mereka, dan platform tersebut akan menyesuaikan materi pembelajaran sesuai dengan tingkat pemahaman tersebut.

Kesimpulan

Teknologi memiliki potensi besar dalam mengubah paradigma pendidikan. Dengan adanya teknologi, pembelajaran dapat menjadi lebih personal dan adaptif. Siswa dapat mengakses informasi yang lebih luas dan belajar secara mandiri melalui platform pembelajaran online. Selain itu, guru dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih personal dan adaptif bagi siswa melalui personalisasi pembelajaran dan adaptif pembelajaran. Oleh karena itu, penting bagi pendidik dan pemangku kepentingan pendidikan lainnya untuk terus mengembangkan dan memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran sehingga dapat menciptakan pendidikan yang lebih baik dan relevan bagi siswa.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun