Mohon tunggu...
Alamsyah Mustapa
Alamsyah Mustapa Mohon Tunggu... Relawan - Seorang Anak Muda Yang Belajar Menuliskan Ide-idenya

Sang Kolektor Kertas Usang

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Rajin Kopdar, Jarang Posting. Kenapa? Mungkin Kita Kompasianer Abal

28 November 2016   18:22 Diperbarui: 28 November 2016   18:24 14
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ayo, mulai posting! (kompasiana.com)

“kalau dia, paling suka ikut kopdar. Tapi kalau posting tulisan tidak pernah.”

Ini adalah pernyataan yang membuat saya ingin hilang dari tempat kopdar itu secara seketika. Iya, menghilang dan berharap tidak ada yang mendengar apa yang beliau ucapkan saat itu. Namun, pernyataan ini ternyata menyadarkan saya untuk mulai memperbaiki kesan jarang posting dengan membuat tulisan ini.

Sejatinya sebagai kompasianer kita akan semakin produktif dengan beragam pilihan rubrik yang tersedia. Tidak hanya terpaku pada satu segmentasi seperti blog personal yang ada. Saya menyadari ada banyak kompasianer yang memiliki nasib buruk seperti saya. Iya, kompasianer yang kurang produktif.

Saya baru sadar saat menerima sindiran langsung saat itu. Membayangkan melewati waktu 5 tahun bersama kompasiana tanpa ada tulisan jadi headline yang dibaca hingga ribuan orang. Bayangkan saja, saya tergabung dengan kompasiana sejak tahun 2011 hingga saat ini akhir tahun 2016 baru mampu posting 16 artikel. Halo, kemana saja selama ini?

Tujuan Awal Jadi Kompasianer, apa?

Nah. Jujur saja, kalau saya gabung kompasiana di tahun 2011 silam, adalah untuk mengikuti acara blogshop kompasiana. Biasanya syarat untuk menjadi peserta adalah memiliki akun kompasiana. Mungkin agak picik juga dalam pikiran saya saat itu, bahwasanya selesai blogshop bisa saja saya melupakan kompasiana. Namun ternyata belakangan ini, saya tidak bisa terlepas dari kompasiana. Hobi mencari informasi terbaru dan terupdate saya dapatkan dari sini. Mungkin saya jarang posting, tapi saya sering mengikuti perkembangannya.

Tujuan setiap orang gabung dengan kompasiana, bisa saja beragam. Kenapa saya rajin kopdar dan jarang posting? Karena tujuan awal saya memang ikutan blogshop. Kalau teman kompasianer lainnya tujuannya apa? Bisa saja untuk Ikutan lomba, berpartisipasi di acara nangkring dan blogshop,  atau asli untuk menuangkan hobi menulis.

Move on, please!

Sebagai anak muda yang kekinian, sudah sewajarnya jika saya menggunakan istilah move on. Kalau ada seseorang yang baru saja putus cinta dengan pasangannya, biasanya teman-teman dilingkungan menyarankan untuk segera move on dan mencari yang lain. Nah, saya sudah menobatkan diri saya sendiri sebagai kompasianer abal. Jadi saya harus move on dan berusaha menjadi kompasianer sesungguhnya dan mulai menjaga ritme menulis. Semoga saja J

***

 “Ada banyak orang yang jago menulis, tapi orang-orang yang menulis dengan hati itu yang sangat susah di dapatkan”

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun